Sinergitas Bangun Desa, Camat Lupi Warning Kades dan BPD

Sinergitas Bangun Desa, Camat Lupi Warning Kades dan BPD

Camat Lubuk Pinang, Firdiantoni, SE.--

MUKOMUKO RU.ID- Camat Kecamatan Lubuk Pinang (Lupi), Kabupaten Mukomuko, Firdiantoni, SE mengingatkan seluruh kepala desa (Kades)  dan BPD yang ada di wilayahnya agar terus bersinergi untuk membangun desa.

Dikatakan Camat, Kades dan BPD harus kompak, satu visi dan misi dalam menjalankan roda pembangunan desa. Sebab jika Kades dan BPD tidak kompak maka dipastikan roda pemerintahan dan roda pembangunan desa tidak akan berjalan baik.

"Termasuk dalam penggunaan anggaran desa. Kades harus libatkan BPD pada saat rapat penyusunan rancangan anggaran pendapatan belanja desa (RAPBDes) hingga disahkannya menjadi APBDes.  Pada saat penyeran anggaranya pun, BPD harus dilibatkan," tegas Camat.

Untuk menyatukan persepsi demi terwujudnya tata kelola keuangan dan pembangunan desa yang lebih baik. Camat mengaku  telah  mengundang seluruh Kades dan BPD untuk rapat koordinasi di kantor kecamatan setempat.

Dalam rapat itu seluruhnya dibahas. Mulai dari aturan penggunaan APBDes baik yang bersumber dari ADD maupun DD dan lainnya, hingga membahas soal pelaporan penggunaan anggaran. Dalam rapat koordinasi itu, pihaknya mendatangkan tim pemateri dari kabupaten.

"Kades dan BPD sudah kita undang. Selain untuk menyatukan persepsi, juga untuk memberikan pemahaman kepada Kades dan BPD dalam penyusunan dan penggunaan anggaran pemerintan. Jangan sampai di kemudian hari ada masalah dalam penggunaan anggaran. Sebab belum tentu seluruh Kades dan BPD paham betul aturan. Terlebih, aturan penggunaan anggaran khususnya DD sering berubah," ungkapnya.

Semisal, sambung Camat, penggunaan dana desa untuk bantuan langsung tunai (BLT). Jika di tahun ini penggunaannya sampai 40 persen, namun di tahun mendatang hanya maksimal 25 persen dari total alokasi dana desa. Termasuk rencana penggunaan dana desa sebanyak 3 persen untuk operasional pemerintan desa.

"Nah, aturan - aturan ini harus dipahami betul oleh Kades dan BPD. Mudah-mudahan saja dengan pertemuan yang sudah kami laksnakan ini, mampu memberikan wawasan bagi Kades dan BPD. Sehingga program yang sudah dirancang pemerintah desa dapat dijalankan dengan baik," demikian Camat Firdiantoni. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: