Tekan Inflasi Infrastruktur Pertanian Harus Diperhatikan

Tekan Inflasi Infrastruktur Pertanian Harus Diperhatikan

Kades Talang Arah, Ramdani saat menyampaikan keluhannya tentang irigasi persawahan--

PINANG RAYA RU.ID - Upaya menekan inflasi yang digembar-gemborkan pemerintah diminta dibarengi dengan kerja nyata. Pasalnya, dana desa dipastikan tidak dapat mencover seluruh kebutuhan ketahanan pangan. APalagi, soal jaringan irigasi yang seharusnya ditangani oleh pemerintah kabupaten.

Kepala Desa (Kades) Gunung Payung, Kecamatan Pinang Raya, Mimbar Situmorang, SIP dan Kades Talang Arah, Kecamatan Putri Hijau, Ramdani, meminta pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara khususnya Dinas Pertanian agar serius memperhatikan permasalahan infrastruktur pertanian yang selama ini dikeluhkan oleh petani padi di desanya. 

Kades Gunung Payung, Mimbar Situmorang, memastikan, selama ini desa telah berusaha maksimal untuk menjaga areal persawahan yang tersisa di desanya agar tidak dialihfungsikan. Hanya saja, upaya yang dilakukan ini belum diimbangin dengan perhatian dan peran yang harusnya diberikan oleh dinas terkait. 

Apalagi, saat ini areal persawahan di Desa Gunung Payung sedang mengalami permasalahan di saluran irigasi yang membutuhkan peningkatan kapasitas. Peningkatan kapasitas irigasi dibutuhkan agar ketika banjir, air yang mengalir di irigasi tidak meluas hingga merendam areal persawahan petani seperti peristiwa yang sebelumnya masih sering terjadi. 

"Akibat tidak maksimalnya irigasi. Areal sawah masyarakat sering direndam banjir dan menyebabkan hasil produksi petani padi kita tidak optimal. Kami berharap usaha untuk mempertahankan fungsi dari lahan persawahan yang masih tersisa di desa saat ini didukung dengan perhatian pemerintah. Dimana peningkatan infrastruktur yang diinginkan petani bisa diakomodir," pintanya.

Hal senada juga dikatakan Kades Talang Arah, Ramdani. Menurut Kades, saat, ini ada saluran irigasi persawahan di desanya yang sedang patah dan membuat suplai air ke areal sawah masyarakat tidak maksimal. Ramdani mendesak, dinas terkait agar segera menangani kerusakan saluran irigasi persawahan di desanya itu. Supaya kegiatan produksi petani bisa lebih optimal. 

"Proposal perbaikan irigasi sudah kita sampaikan ke dinas. Kami berharap, usulan kami itu diakomodir. Supaya petani kami yang saat, ini sedang mengalami permasalahan akibat saluran irigasi yang rusak, itu bisa teratasi," desak Ramdani. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: