Ini Cara Mengasuh Pohon di Bengkulu Utara

Ini Cara Mengasuh Pohon di Bengkulu Utara

Ilustrasi adopsi pohon--

RADAR UTARA.ID - Untuk anda yang menginginkan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Namun terkendala waktu luang untuk menjaga tanaman dan pohon. Anda bisa mengasuh pohon dengan memilih jenis pohon dan lokasi pohon yang ingin Anda adopsi dengan sejumlah donasi sebagai jaminan penjagaan agar pohon tersebut tak ditebang oleh pelaku ilegal logging.

Program Pohon Asuh dapat diartikan sebagai bentuk partisipasi masyarakat umum untuk menjaga hutan, dengan sistem donasi pengasuhan pohon selama 1 tahun atau lebih. Yang artinya bisa ikut melestarikan lingkungan hutan dan membantu perekonomian warga di sekitar hutan.

Mengasuh pohon ini akan memberikan manfaat yang cukup banyak, yakni bisa mengatur tata air, menurunkan suhu setempat, menghasilkan O2 dan menyerap CO2, terakhir dengan mengasuh pohon berarti anda juga menyediakan tempat hidup satwa.

Di Bengkulu Utara sendiri, pepohonan besar di hutan sekitar Desa Batu Raja R menjadi salah satu lokasi yang dipilih oleh Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warung Informasi Konservasi (Warsi) sebagai salah satu hutan yang pepohonannya dapat diadopsi oleh masyarakat luas. 

Di website pohonasuh, saat ini baru tersedia sekitar 148 pohon yang dapat diadopsi. Meski demikian, disampaikan Vice Chairman KKI Warsi, Agus Teguh Prihantono, saat ini Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lemo Nakai di Desa Batu Raja R sudah menginventarisir lebih dari 180 pohon yang dapat diadopsi dan akan terus bertambah lantaran proses inventarisir yang terus berjalan.

Pantauan RadarUtara.ID selain nama-nama organisasi pecinta lingkungan, terlihat daftar beberapa nama yang familiar telah menjadi pengadopsi pohon di hutan Desa Batu Raja R. Ada beberapa dosen Universitas Bengkulu, pengacara, Kepala Puskesmas Hulu Palik, juga ada nama Walikota Bengkulu, Helmi Hasan yang mengadopsi pohon medang dengan diameter 64 cm.

Untuk kamu yang tertarik mengasuh pohon, bisa langsung buka website www.pohonasuh.org dan bisa langsung memilih menu login, masukan email dan password akun pohon asuh. Lalu pilih DATA TREE kemudian pilih lokasi (Batu Raja) dan jenis pohon yang akan diasuh dan terakhir langsung lakukan pembayaran dan anda siap untuk menjadi pengasuh pohon.

Anda juga dapat berkonsultasi via WhatsApp jika ingin hadir dalam pemasangan plakat nama Anda di pohon yang telah Anda pilih. Namun, jika tak sempat hadir, Anda akan dikirimi foto pemasangan plakat nama Anda di pohon tersebut dan juga akan dikirimi sertifikat atas pohon yang Anda asuh tersebut. Atau lihat panduan gambar di bawah ini sebagai panduan untuk mengasuh pohon.


Langkah cara mengasuh pohon--

Sayangnya, RadarUtara.ID belum menemukan nama pejabat atau pemangku kepentingan atas kelestarian lingkungan dari Kabupaten Bengkulu Utara dalam daftar nama pengadopsi pohon tersebut. Bagaimana tertarik menjadi pengasuh pohon? Silakan mengunjungi www.pohonasuh.org. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: