Capaian PBB di Bumi Harjo Tembus 94 Persen

Capaian PBB di Bumi Harjo Tembus 94 Persen

Ilustrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)--

PINANG RAYA RU.ID - Capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Bumi Harjo, Kecamatan Pinang Raya patut diapresiasi. Kondisi, ini sesuai dengan data capaian PBB yang berhasil di raih oleh Desa Bumi Harjo pada periode (25/10). Dimana presentase serapan pajak tertagih dan tersetor di Desa Bumi Harjo pada periode, itu telah mencapai angka 94,58 persen jauh lebih tinggi dibanding capaian PBB 9 desa lainnya yang ada di Kecamatan Pinang Raya. 

Atas capaian yang berhasil di raih oleh Desa Bumi Harjo, itu Camat Pinang Raya, M Irfan, S.Sos, memberikan apresiasi terhadap aparatur desa dan masyarakat di Desa Bumi Harjo. Tentu kata Camat, tingginya capaian PBB yang berhasil diraih oleh Pemdes Bumi Harjo di periode, ini tidak terlepas dari kerja keras aparatur desa yang bertugas dan kesadaran masyarakat di Bumi Harjo tentang pajak yang cukup tinggi.

"Capain yang luar biasa. Tentu apresiasi kami sampaikan kepada Pemdes dan masyarakat di Bumi Harjo. Berkat kerja keras aparatur desa dan kesadaran masyarakat, maka capaian PBB di Bumi Harjo hari, ini telah mencapai angka 94,58 persen. Jauh lebih tinggi dibanding capaian PBB desa lainnya," ungkap Camat.

Di sisi lain, Camat memaklumi, jika capaian PBB di Bumi Harjo tidak bisa tembus diangka 100 persen. Karena menurut Camat, tidak seluruh pajak yang ditagih oleh Dispenda BU kepada desa, itu sesuai objek alias sesuai sasaran. Karena kata Camat, capaian 94,58 persen yang diraih oleh Pemdes Bumi Harjo, itu merupakan angka yang cukup tinggi untuk ukuran desa dalam menyerap PBB.

"Tidak semua pajak yang ditagih sesuai objek. Ada beberapa tagihan pajak yang namanya salah, nama ganda dan salah alamat atau salah objek pajak. Sehingga capaian PBB sangat kecil bisa mencapai 100 persen. Tapi capaian yang berhasil diraih oleh Desa Bumi Harjo saat, ini sudah sangat luar biasa dan maksimal," ungkapnya.

Lebih jauh Camat, meminta kepada 9 desa lainnya yang capaian PBB-nya hingga periode, ini masih rendah atau jauh dari target diharapkan bisa lebih optimal lagi.

"Desa lainnya yang belum optimal kita minta untuk segera dituntaskan atau dioptimalkan lagi. Karena masih ada waktu beberapa bulan sampai akhir tahun. Dan bagi desa yang mengalami objek pajak bermasalah agar segera direkap dan dilaporkan ke Dispenda BU untuk diperbaiki," demikian Camat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: