LPPM Unib Segera Realisasikan Pembuatan Naskah Kajian Pemekaran Kabupaten

LPPM Unib Segera Realisasikan Pembuatan Naskah Kajian Pemekaran Kabupaten

Presidium pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara bersama tim LPPM UNIB saat berkoordinasi soal rencana pembuatan naskah pengkajian, beberapa waktu lalu.--

ULOK KUPAI RU.ID- Dukungan Pemkab Bengkulu Utara (BU) terhadap langkah pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara disambut baik oleh jajaran presidium pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara.

Selasa (18/10) hari, ini jajaran Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara berhasil difasilitasi oleh Pemkab BU untuk duduk bersama dengan tim lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) dari Universitas Bengkulu (Unib).

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh Radar Utara ID. Pertemuan yang dihadiri oleh jajaran Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara bersama tim LPPM Unib, itu tak lain untuk mendiskusikan tentang rencana pembuatan naskah kajian pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara dengan melahirkan daerah otonomi baru bernama Kabupaten Bumi Pekal yang saat, ini telah didukung oleh anggaran khusus dari Pemkab BU di dalam APBD-P (perubahan) TA 2022.

Sesuai hasil diskusi yang digelar secara khidmat, itu jajaran Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara mendukung penuh langkah-langkah yang akan ditempuh oleh tim LPPM Unib dalam membuat naskah kajian pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara.

"Inti dari pertemuan tadi adalah untuk membahas rencana survey lapangan dalam rangka pembuatan naskah kajian pemekaran kabupaten oleh tim LPPM Unib," ungkap Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara, Sumarji, SIP.

Dikatakan Sumarji, teknis pembuatan naskah kajian pemekaran kabupaten, itu nanti akan dilaksanakan oleh tim LPPM Unib dengan cara mengunjungi enam kecamatan dan beberapa desa yang masuk di dalam wilayah pemetaan Kabupaten Bumi Pekal.

Dari kunjungan, itu nanti kata Sumarji, tim akan melakukan pendataan terhadap potensi-potensi yang ada di setiap kecamatan atau wilayah desa. Selanjutnya hasil dari pendataan atau pemetaan potensi yang dilakukan oleh tim LPPM Unib, ini akan dituangkan ke dalam materi naskah kajian.

Dimana naskah kajian, itu nantinya akan menjadi modal atau dasar bagi pihak eksekutif baik di tingkat kabupaten maupun provinsi untuk merekomendasikan pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara kepada pemerintah pusat.

"Naskah kajian, ini lah yang nantinya akan menjadi modal atau dasar pihak eksekutif untuk mengajukan pemekaran kabupaten ke pemerintah pusat. Sehingga di tahap awal, ini kita akan bersama-sama mendukung kerja dari tim LPPM Unib untuk segera merampungkan naskah kajian pemekaran kabupaten yang saat, ini sudah didukung oleh anggaran khusus dari Pemkab BU," tandasnya.

Lebih jauh ditambahkan Sumarji, setelah naskah kajian pemekaran kabupaten tuntas. Maka presidium akan segera mendorong pihak eksekutif untuk segera merekomendasikan pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara, ini ke pemerintah pusat.

"Insya Allah minggu depan Tim LPPM Unib sudah mulai turun survey ke setiap kecamatan dan desa. Jika naskah kajian sudah jadi. Maka kita akan segera dorong eksekutif dalam hal, ini baik Bupati maupun Gubernur untuk segera merekomendasikan usulan pemekaran kabupaten ke pusat bersamaan dengan data-data yang bisa dipertanggung jawabkan, ini. Minimal target kita untuk menyerahkan usulan pemekaran kabupaten, ini ke Senayan bisa terlaksana," demikian Sumarji.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: