LHP Lebong Tandai Tunggu Hasil Hitung Fisik dari Tim Teknis PU

LHP Lebong Tandai Tunggu Hasil Hitung Fisik dari Tim Teknis PU

Warga Desa Lebong Tandai diterima dan berdialog dengan Inspektur Inspektorat Bengkulu Utara beberapa waktu lalu.--

NAPAL PUTIH RU.ID- Laporan Hasil Penyelenggaraan (LHP) dana desa (DD) di Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih tengah menanti hasil hitung fisik yang dilakukan oleh tim teknis dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkulu Utara.

Hal, ini terungkap berdasarkan hasil komunikasi yang sempat dilakukan oleh pihak Komisi I DPRD BU kepada Inspektorat BU. Wakil Ketua Komisi I DPRD BU, Edi Putra, SIP, mengakui. Bahwa upaya pengawasan terhadap jalannya proses audit yang tengah dilakukan oleh pihak Inspektorat BU kepada LHP DD Lebong Tandai terus dilakukan oleh lembaganya.

Teranyar kata Edi, berdasarkan hasil koordinasi yang dilakukan ke Inspektorat Bengkulu Utraa. Proses audit atas LHP DD Lebong Tandai masih berjalan sesuai tahapan. Kata Edi, saat ini Inspektorat masih menunggu hasil hitung fisik kepada pekerjaan fisik yang sempat didanai oleh Pemdes Lebong Tandai melalui anggaran DD TA 2021 dengan melibatkan langsung tim ahli dari Dinas PUPR.

"Mereka (Inspektorat) sedang menunggu tim yang dikirim oleh Dinas PU BU untuk penghitungan fisik. Itu adalah keterangan versi Inspektorat BU yang disampaikan kepada kami belum lama, ini," ungkap Edi.

Ditambahkan Edi, setelah proses hitung fisik terhadap objek bangunan di Desa Lebong Tandai oleh tim ahli dari Dinas PU, ini selesai. Maka selanjutnya pihak Inspektorat BU dapat menyelesaikan LHP atas perkara DD yang terjadi di Desa Lebong Tandai.

"Setelah hitung fisik, itu selesai. Maka pihak Inspektorat BU akan menyelesaikan LHP-nya. Sementara, ini kita sama-sama menunggu hasil dari tahapan yang sedang berjalan," imbuhnya.

Edi berharap, keterlibatan tim ahli dari Dinas PU BU untuk membantu kinerja Inspektorat BU dalam menuntaskan proses audit terhadap hasil pekerjaan DD di Desa Lebong Tandai, ini segera dilakukan.

Dan Edi meminta, dalam tahapan yang sedang bergulir, ini baik pihak Inspektorat BU maupun tim ahli yang dilibatkan dalam tahapan audit tersebut dapat bekerja objektif dan profesional. Edi ingin, apapun LHP yang dihasilkan dari proses audit, ini dapat disampaikan sesuai fakta yang ada.

"Jika memang sudah ada permintaan dari Inspektorat BU. Maka kami mendesak tim ahli yang dilibatkan dari Dinas PU BU juga segera bergerak. Supaya proses audit yang sekarang sedang berjalan segera terang dan permasalahan yang cukup berdampak terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan di Desa Lebong Tandai, ini segera berakhir. Dan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian perkaran DD di Desa Lebong Tandai, ini kami harap bisa bekerja profesional dan objektif dalam melaksanakan tugasnya," pintanya.

Lebih jauh Edi, tak menepis. Bahwa pihaknya juga sudah menerima beberapa lembaran-lembaran data dari masyarakat yang berkaitan dengan objek perkara DD di Desa Lebong Tandai. Selanjutnya data pendukung yang sempat diserahkan oleh masyarakat, itu dipastikan Edi, segera ditindak lanjuti.

"Data-data yang diberikan oleh masyarakat sudah kami terima di lembaga. Selanjutnya data dan pengaduan kedua yang diberikan masyarakat secara langsung ke Komisi I DPRD BU, itu segera kita disposisikan kepada unsur pimpinan untuk segera ditindak lanjuti sesuai peran yang kita miliki," demikian wakil rakyat asal dapil IV BU, ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: