Rabu Ini, Kelengkapan Berkas Pendaftar Panwascam Diumumkan

Rabu Ini, Kelengkapan Berkas Pendaftar Panwascam Diumumkan

Ketua Bawaslu Mukomuko, Padlul Azmi, SH.--

MUKOMUKO RU.ID- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mukomuko,  mengumumkan kelengkapan berkas perayaratan milik 231 orang pendaftar calon pengawas kecamatam (Panwascam). Pengumuman kelengkapan berkas, dilaksanakan Rabu (12/10) ini.

Pendaftar bisa melihat langsung lengkap dan tidaknya persyaratan mereka melalui akun resmi Bawaslu Mukomuko, baik di akun facebook, twiter, instagram, atau di wibesite. Ketua Bawaslu Mukomuko, Padlul Azmi, SH ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Pengumuman kelengkapan berkas persyaratan hanya dilakukan selama sehari yaitu di tanggal  12 Oktober. Peserta nanti bisa melihat langsung di akun resmi Bawaslu Mukomuko," terang Padlul.

Bagi peserta yang dinyatakan berkasnya memenuhi syarat, selanjutnya mereka akan mengikuti tes dengan siatem online atau computer asisted test (CAT) di gedung sekolah menengah atas (SMA) negeri 01 Mukomuko. Tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 16 Oktober 2022.

Dan pada tanggal 17 Oktober, hasil tes akan diumumkan untuk mengambil enam besar. Mereka yang masuk enam besar,  selanjutnya mengikuti tes wawancara. Masih dikatakan Padlul, tes wawancana akan dilaksnakan selama empat hari terhitung mulai tanggal 18 sampai 22 Oktober 2022.

"Tes wawancara ini untuk menentukan siapa saja peserta yang nanti masuk tiga besar. Pengumuman tes wawancana akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober. Setelah pengumuman, peserta yang lolos tiga besar nantinya akan langsung dilantik sebagai anggota panwascam. Hanya saja untuk hari dan tanggal pelantikan akan menyesuaikan," ujarnya.

Padlul mengingatkan, sebelum tahapan demi tahapan dilakukan, seluruh peserta yang ikut daftar calon anggota panwascam dapat mempersiapkan diri dengam baik. Seluruh materi yang bakal diuji, hendaknya dapat dipahami.

Untuk diketahui, salah satu materi uji baik teetulis maupun wawancara diantaranya meliputi tugas dan kewenangan panwscam. Ilmu pengetahuan kepemiluan dan pengawas pemilu, integritas, komitmen kerja dan waktu, pengetahuan lokal, termasuk pendalaman informasi dan tanggapan masyarakat.

"Itulah salah satu materi yang akan diujikan nanti. Peserta bisa belajar melalui internet, termasuk belajar kepada orang yang memahami dengan ilmu tersebut," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: