Menuju Desa Mandiri, Pemdes Tanjung Putus Gelar Pelatihan RPJMDes

Menuju Desa Mandiri, Pemdes Tanjung Putus Gelar Pelatihan RPJMDes

Pemerintah Desa Tanjung Putus, Kecamatan Kerkap menggelar pelatihan penyusunan RPJMDes untuk menentukan perencanaan pembangunan enam tahun mendatang--

KERKAP RU.ID - Dalam rangka memantapkan dokumen perencanaan pembangunan untuk mencapai sasaran pembangunan enam tahun mendatang, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Putus, Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar pelatihan dan bimbingan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2023/2028, di Aula Kantor Desa Tanjung Putus.

Camat kerkap Benhar,S.Ip dalam sambutannya menyampaikan, RPJMDes dan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) desa ditetapkan dengan peraturan desa, dan merupakan pedoman dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja(APB) desa. Selain itu RPJM desa dan RKP desa merupakan satu-satunya dokumen perencanaan desa.


Kepala Desa Tanjung Putus, Baheri bersama Camat Kerkap, Benhar dan pemateri dari DPMD serta dalam pembukaan kegiatan--

"Maka, kami sangat mengharapkan kerjasama, keseriusan dan tanggung jawab kita semua, untuk mengikuti pelatihan dengan baik. Materi-materi yang didapat dari pelatihan ini kiranya dapat menjadi bekal untuk terus menyempurnakan penyusunan RPJMDes, maupun dapat dibagikan kepada para pemangku kepentingan lain di desa untuk secara bersama-sama berembuk dan bermusyawarah dalam menyusun RPJMDes masing-masing," harapnya.

Kepala Desa Tanjung Putus, Baheri saat diwawancarai di sela-sela pelatihan mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan pada Tim Penyusun RPJMDes, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dan tim Penyusun dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang baik demi pembangunan berkulitas di Desa Tanjung Putus. 

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 11 sampai 12 Oktober 2023. Dengan pemateri yang telah kita undang dari DPMD, kecamatan dan dari pendamping yang profesional," ungkapnya.

Dikatakan Kades muda ini, salah satu program utamanya adalah menghidupkan kembali BUMDes dengan potensi-potensi yang ada di desa ini. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk membudidayakan pepaya california. Pasalnya, tanaman ini berpotensi bisa meningkatkan kesejahteraan warga," ungkapnya.


Tim Penyusun RPJMDes Tanjung Putus mengikuti kegiatan dan pemaparan dari narasumber--

Kades berharap, dengan pelatihan ini, penyelarasan antara visi misi kepala desa, program pemerintah dan harapan masyarakat dapat terwujud, untujk menjadikan Desa Tanjung Agung sebagai salah satu desa yang mandiri.

"Jika ada yang kurang paham, silakan langsung ditanyakan pada narasumber, agar dalam penyusunan rencana pembangunan ini berjalan lancar," demikian Baheri.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Camat Kerkap, Benhar, S.Ip ini, selain dihadiri Kepala Desa Tanjung Putus, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kasi PMD Kecamatan Kerka, pemateri dari DPMD Bengkulu Utara,Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa, tim penyusun RPJMDes serta undangan lainnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: