Termuda, PKD Ansor PC Bengkulu Utara Diikuti Murid SD

Termuda, PKD Ansor PC Bengkulu Utara Diikuti Murid SD

Haikal Gandhi Diandri saat dibaiat usai mengikuti kegiatan PKD Ansor Bengkulu Utara secara penuh--

ARGA MAKMUR RU.ID - Ada yang menarik saat Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Gerakan Pemuda Ansor di Bengkulu Utara yang digelar pada tanggal 8-9 Oktober 2022. Kegiatan yang digelar selama 2 hari dengan jumlah peserta 40 orang tersebut juga diikuti oleh salah seorang murid SD yang masih berusia 10 tahun. 

Haikal Gandhi Diandri, murid yang masih duduk di bangku kelas 3 SD ini tertantang dan dengan kemauannya sendiri untuk ikut ambil bagian sebagai peserta pada kegiatan yang dilakukan di Wisma Atlet Arga Makmur tersebut. Menariknya, saat pelatihan berlangsung, tak ada satu materi PKD pun yang ditinggalkannya meski kegiatan tersebut dilakukan sampai tengah malam.

"Dia datang dengan kemauannya sendiri. Awalnya kami menyangka bahwa dia hanya akan mengikuti materi di sesi awal saja. Tapi ternyata dia sangat bersemangat sampai pada materi terakhir, pembai'atan Haikal tetap hadir dan bergabung dengan peserta lain," ujar Akhmad Muzzayyin Alfikri, Sekretaris PC Ansor Bengkulu Utara. 

Diungkapkan Fikri, mereka menyambut baik dengan semangat semua kalangan yang berlomba-lomba untuk berkhidmat di GP Ansor. Menurutnya, potret peserta termuda ini menandakan bahwa GP Ansor di Bengkulu Utara merupakan organisasi yang sudah mengakar-rumput, disukai oleh semua kalangan termasuk anak-anak.


PKD Ansor PC Bengkulu Utara dilaksanakan selama 2 hari di Wisma Atlet Bengkulu Utara--

"Meskipun sebenarnya anak-anak ini belum memenuhi syarat sebagai anggota GP Ansor, namun melihat kenyataan yang terjadi kami sangat terharu sekaligus bangga karena bahkan Ansor juga disenangi oleh anak-anak," tambahnya.

Dijelaskannya, PKD adalah pendidikan dan pelatihan kepemimpinan kader dasar tingkat pertama yang wajib diikuti oleh para pemuda yang ingin bergabung dengan GP Ansor. PKD menjadi sebuah sistem pengkaderan yang diorientasikan untuk melakukan penanaman ideologi kepada anggota.

Fikri juga memaparkan, kegiatan serupa ke depan juga akan dilakukan di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Kita melakukan PKD secara massif. Membagi wilayah per zona. Untuk PKD di Kecamatan Arga Makmur ini kita lakukan dengan peserta yang berasal dari Arga Makmur, Arma Jaya, Hulu Palik, Kerkap, Lais dan beberapa kecamatan terdekat lainnya," paparnya. 

Lanjut Fikri, akan ada beberapa kegiatan serupa yang akan mereka lakukan sampai akhir tahun ini di kecamatan diantaranya Giri Mulya, Ketahun, Ulok Kupai dan Putri Hijau. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: