Saran Camat Giri Mulya, Dana BLT Dibelikan Ayam

Saran Camat Giri Mulya, Dana BLT Dibelikan Ayam

Camat Giri Mulya saat menghadiri pembagian BLT DD di Desa Rena Jaya--

GIRI MULYA RU.ID - Camat Giri Mulya, Katwanto S.Pd menyarankan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang menerima bantuan setiap bulan, agar memanfaatkan uang tersebut tidak hanya untuk barang habis pakai. Namun, juga menyisihkannya untuk membeli sesuatu yang dapat memberikan manfaat secara kontinyu.

Kepada RadarUtara.ID, Katwanto mengatakan, hal ini dimaksudkan jika suatu saat nanti bantuan ini tidak lagi diberikan oleh pemerintah, KPM masih dapat menerima manfaat atas bantuan tersebut. Sehingga, target pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga perlahan dapat tercapai.

"Hindari menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan yang sifatnya hanya mengikuti keinginan sementara saja. Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok, ada baiknya disisihkan untuk kebutuhan jangka panjang," sarannya.

Camat yang memelopori budidaya bawang merah di Giri Mulya ini menyarankan demikian, lantaran bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan itu belum tentu berlanjut di tahun berikutnya. Jika bantuan itu terhenti, KPM BLT DD masih memiliki tabungan berupa hewan ternak.

"Misal ditabung sedikit demi sedikit membeli kambing. Atau minimal sepasang ayam kampung. Jika ini dipelihara dengan baik. Ketika bertelur, telurnya bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi keluarga. Jika menetas dan tumbuh dengan baik, ayamnya bisa dijual untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: