Tragedi Kanjuruhan, Terima Kasih Aremania

Tragedi Kanjuruhan, Terima Kasih Aremania

Tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang menyebabkan ratusan nyawa melayang--

RADARUTARA.ID - Rekor korban jiwa kerusuhan supporter akibat pertandingan sepak bola di Indonesia terpecahkan. 129 orang dinyatakan meninggal dunia dalam laga Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. Tragedi ini membuat kekhawatiran banyak orang. Bahkan, netizen prihatin atas tragedi yang membuat jeblok sepak bola Indonesia di mata dunia.

Berbagai komentar pedas muncul, mulai dari kritik ketidakdewasaan supporter Arema hingga ketidaktegasan PSSI dalam menangani kerusuhan-kerusuhan sebelumnya.

Sindirian "Terima Kasih Aremania" pun muncul memenuhi kolom komentar berbagai tayangan Youtube yang meliput Tragedi Kanjuruhan. Menurut netizen, prestasi Timnas yang sedang dalam kondisi baik, justru dihancurkan oleh ulah suppoter. Bahkan, kekhawatiran sanksi FIFA pada Timnas pun muncul atas tragedi ini.

"Terimakasih Aremania berkat kalian seperti ini Timnas Indonesia terancam gagal mengikuti piala Asia nanti dan terancam gagal menjadi tuan rumah sekali lagi terimakasih Aremania," ungkap akun yuliati.

"Progres timnas Indonesia dari u 17 sampai timnas senior sudah menunjukkan progres positif tiba² ada tragedi Kanjuruhan sampai menewaskan 129 korban,dan sanksi FIFA menanti," lanjut Fadiel Channel.

Ketiadaan sanksi atas kerusuhan-kerusuhan supporter selama ini juga menjadi sorotan netizen. Pasalnya, dalam beberapa kerusuhan sepak bola belakangan ini, memang tidak ada pihak yang bertanggungjawab atas kerusuhan yang terjadi. Semua berakhir minta maaf.

Kini, banyak warganet meminta Arema didegradasi ke kasta terendah dan dilarang tampil selama 10 tahun. Jika pun tampil, Arema tak boleh ditonton oleh supporternya.

"Pihak liga harus tegas beri sangsi sebesar besarnya kalau perlu langsung degradasi saja club...biar jadi pembelajaran bagi semua...bahwa pihak club juga harus ikut serta menjaga keamanan..1 nyawa jauh lebih berharga dari pada sepakbola" ungkap salah satu akun.

"BEKUKAN AREMA 10 TAHUN DAN AREMANIA DILARANG MENGHADIRI SETIAP PERTANDINGAN AREMA SELAMA LAMANYA" susul yang lain.

Bahkan, salah satu warganet yang langsung mengirimkan pesan ke redaksi meminta agar Arema dilarang bermain selama 30 tahun.

"Malang harus dilarang menyelenggarakan pertandingan sepak bola setidaknya untuk 10 tahun , ini sangat memprihatinkan," ungkap akun luarbiasa waras.

Namun tak sedikit pula yang mengungkapkan rasa duka citanya pada para korban tragedi ini.

"Inalillahi wa'inalillahi rojiun..semoga husnul khotimah. Buat suporter..dewasalah dlm berfikir dan bertindak.." kata Hary Pahlawanto. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: