Dua Warga Kecamatan Marga Sakti Sebelat Reaktif HIV

Dua Warga Kecamatan Marga Sakti Sebelat Reaktif HIV

Ilustrasi HIV/AIDS--

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Hasil uji sampel darah oleh Puskesmas Suka Makmur, di wilayah Kecamatan Marga Sakti Sebelat, ada dua (2) warga yang dinyatakan reaktif dalam test pengecekan Human Immunodeficiency Virus (HIV). Hasil ini didapat mulai dari Januari 2022 hingga September tahun 2022.

Meski demikian, Kepala Puskesmas Suka Makmur, dr Nanang Rahmat mengatakan, untuk menyatakan 2 kasus reaktif ini positif HIV/AIDS, perlu dilakukan uji laboratorium lebih lanjut.

Kepada RadarUtara.ID, Nanang menegaskan, sejak Januari hingga September 2022, petugas sudah melakukan uji sampel darah pada 181 orang yang berpotensi tertular HIV.

"Dari 181 itu, ada 2 kasus reaktif yang kita temukan. Namun 2 kasus reaktif itu belum bisa kita nyatakan positif. Karena hasil tes ini masih perlu uji laboratorium," ungkapnya.

BACA JUGA:Potensi Pelanggaran Pengadaan Bibit di Desa, DTPHP Bengkulu Utara Beri Penjelasan

BACA JUGA:Cara Daftar dan Syarat Magang ke Jepang via Disnakertrans Bengkulu Utara

Nanang memastikan, bakal segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara untuk tindak lanjut uji laboratorium atas kedua warga tersebut.

"Semoga hasilnya negatif. Namun, jika nanti hasilnya positif HIV/AIDS, maka yang bersangkutan akan mendapatkan pengobatan dan penanganan serius dari petugas kesehatan," terangnya.

Selain pengobatan, pihaknya juga bakal memaksimalkan edukasi pada masyarakat terkait untuk menghindari penularan virus yang mematikan ini.

"Nanti akan ada kunjungan rutin petugas HIV pada keluarga pasien. Juga pemberian edukasi dan dukungan moril kepada pihak-pihak yang bersangkutan atas kondisi yang dihadapi," demikian Nanang. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: