Bengkulu Utara Segera Miliki Pabrik Minyak Makan Merah

Bengkulu Utara Segera Miliki Pabrik Minyak Makan Merah

Rapat bersama terkait rencana pembangunan pabrik minyak makan merah di Kabupaten Bengkulu Utara--

ARGA MAKMUR RU.ID - Pabrik minyak makan merah akan dibangun di Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Minyak makan merah merupakan produk turunan kelapa sawit, yang bisa digunakan untuk menggoreng seperti minyak goreng pada umumnya. Hanya saja, memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang lebih tinggi. Ini lantaran minyak makan merah tidak mengalami proses pemutihan.

Dikatakan Ketua DPW Apkasindo Bengkulu, Manonggor Siahaan, rencana pembangunan pabrik minyak merah di Bengkulu Utara diprakarsai oleh Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (Apkasindo) Bengkulu dan Bengkulu Utara dan rencana pembangunan juga sudah dibahas bersama pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Rencana pembangunan sendiri diperkirakan akan menelan dana senilai Rp 27 miliar dan akan menggunakan anggaran dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Pembangunan kemungkinan baru akan dilaksanakan pada akhir tahun 2022 ini," jelasnya.

Untuk itu, Manonggor berharap dukungan dari Pemkab Bengkulu Utara untuk pembangunan pabrik ini, terutama dalam memfasilitasi terkait pemenuhan izin pendirian pabrik.

"Kami melihat potensi kelapa sawit di Bengkulu Utara sangat melimpah. Maka kami sangat berharap dukungan penuh dari Pemkab Bengkulu Utara, untuk proses pembangunan pabrik nantinya," lanjutnya. 

Dikatakan Apkasindo, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki potensi yang mendukung untuk pendirian pabrik minyak makan merah ini. Dimana nantinya pabrik akan mampu memproduksi 2.000 liter dalam satu hari produksi, sehingga nantinya bisa bekerja sama dengan pabrik kelapa sawit yang ada di Bengkulu Utara.

"Jika proyeksi produksi tercapai, tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber minyak mentah atau CPO," bebernya.

Sementara itu, Asisten II Setdakab Bengkulu Utara, Dr Dodi Hardinata, S.Sos, M.Si menegaskan, Pemkab Bengkulu Utara berkomitmen akan mendukung rencana yang disampaikan Apkasindo Bengkulu dan nantinya akan bekerjasama dengan koperasi yang ada di Bengkulu Utara.

"Kita dukung dan akan diupayakan untuk mendukung syarat pendirian pabrik minyak merah di Kabupaten Bengkulu Utara," singkatnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: