Swadaya, Warga Desa Gembung Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Swadaya, Warga Desa Gembung Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Jembatan gantung Desa Gembung Raya yang putus akhirnya secara swadaya diperbaiki warga--

NAPAL PUTIH RU.ID - Tak mau menunggu penanganan pemerintah atas jembatan gantung yang putus diterjang banjir. Warga Desa Gembung Raya secara swadaya gotong royong melakukan perbaikan jembatan yang menghubungkan Dusun 1 dan Dusun 3 Desa Gembung Raya.

Kepala Desa Gembung Raya, Suparno menyampaikan, pihaknya memanfaatkan material jembatan gantung yang masih tersisa. Beberapa tali seling pengaman jembatan hingga kontruksi besi jembatan yang masih bisa dimanfaatkan, berhasil diletakkan ulang ditempatnya. Kini, akses jembatan gantung Desa Gembung sudah bisa dilewati lagi oleh kendaraan masyarakat.

"Tali seling sampai konstruksi besi jembatan yang tidak hanyut kita manfaatkan lagi. Begitu juga dengan lantai jembatan, sudah diganti dengan papan kayu yang baru oleh warga. Alhamdulillah mulai hari Minggu, kemarin. Akses jembatan sudah bisa dilewati dan masyarakat tidak terisolir lagi," ungkapnya.

Dikatakan Kades, aksi swadaya gotong royong ini dilakukan lantaran jika menunggu pemerintah masih membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama. Sementara, masyarakat terus mendesak agar akses jembatan segera diperbaiki. Pasalnya, kegunaan jembatan ini sangat penting bagi warga.

"Warga butuh penanganan cepat. Dan upaya yang bisa kita lakukan hari ini hanya dengan cara gotong royong memperbaiki jembatan lama dengan memanfaatkan material jembatan yang masih tersisa. Meskipun masyarakat harus tetap berhati-hati saat memanfaatkan jembatan ala kadarnya ini," imbuhnya.

Ditegaskannya, penanganan jembatan yang dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat itu akan ditingkatkan kembali kualitasnya oleh menggunakan kas desa.

"Nanti masih akan kita finishing lagi menggunakan dana cadangan yang ada di desa. Supaya kekuatan jembatan lebih terjamin," demikian Kades. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: