Budidaya Bawang Merah di Giri Mulya Berhasil, Panen 20 Ton per Hektar

Budidaya Bawang Merah di Giri Mulya Berhasil, Panen 20 Ton per Hektar

Pembudidayaan tanaman bawang merah di Halaman Kantor Camat Giri Mulya --

GIRI MULYA RU.ID – Pemerintah Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara, saat ini sedang mengembangkan budidaya bawang merah. Pengelolaannya dilakukan langsung oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Giri Mulya. Bahkan, dari hasil ujicoba, panennya bisa mencapai 20 ton per hektar.

Di lahan seluas kurang lebih 1/2 hektar, tepatnya di Halaman Kantor Camat Giri Mulya, budidaya tanaman bawang merah ini terbukti tumbuh dengan baik dan bisa dikatakan berhasil.

Kepada RadarUtara.ID, Camat Giri Mulya, Katwanto mengatakan, awalnya pihaknya hanya membudidayakan sayuran jenis kacang tanah dan kacang panjang. Namun, berkaca dari pengalaman pribadinya yang berhasil menanam dan panen bawang merah. Pihaknya ingin berbagi ilmu dan memberi contoh pada masyarakat bahwa daerah ini juga cocok untuk tanaman bawang merah.

"Selain perkebunan kelapa sawit dan karet, wilayah kami juga cocok untuk perkebunan holtikultura. Misalnya, jenis cabai dan sayuran lainnya. Saat ini, kami juga sudah melakukan pengembangan bawang merah dengan pola tanam dari biji," ungkapnya.

BACA JUGA:Kepala Desa Lebong Tandai Diperiksa Inspektorat Bengkulu Utara

BACA JUGA:Tanggul Induk Irigasi Padang Jaya Jebol

Camat menjelaskan, untuk pengembangan bawang merah ini pihaknya membuat demplot atau lahan percontohan agar masyarakat bisa melihat langsung proses persiapan, tanam, pemeliharaan dan panennya nanti.

"Kami, sudah ujicoba tanam bawang merah dari biji. Hasilnya cukup bagus. Apalagi, selain ketersediaan lahan yang memadai, nantinya bawang merah bisa menunjang kesejahteraan ekonomi masyarakat," lanjutnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pertanian (DTPHP) Bengkulu Utara, Kuasa Barus, kepada RadarUtara.ID juga mengatakan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, pihaknya akan mendorong serta terus mengembangkan tanaman bawang merah melalui kelompok tani di Bengkulu Utara. sebab komoditi tersebut cukup memiliki potensi yang bagus, secara ekonomi dan cocok di Bengkulu Utara.

Menurut Barus, setelah meninjau hasil panen budidaya tanaman bawang merah di lahan milik Katwanto di Desa Marga Sakti beberapa waktu lalu, dilihat dari kondisi hasil tanaman yang telah dipanen, jika diseriusi maka budidaya tanaman bawang merah di Kecamatan Giri Mulya diperkirakan memiliki potensi panen mencapai 20 ton per hektar.

BACA JUGA:Polisi Gali Keterangan Bendahara Komite SMAN 7 Bengkulu Utara

"Hasilnya cukup bagus, ternyata selain penghasil perkebunan sawit dan karet, di Kecamatan Giri Mulya bisa budidaya tanaman bawang merah. Ini adalah potensi dan layak untuk terus dikembangkan," demikian Kadis. *

Sumber: