Siap Bangun Desa, Pemdes Pal 30 Gelar Pelatihan RPJMDes

Siap Bangun Desa, Pemdes Pal 30 Gelar Pelatihan RPJMDes

--

LAIS RU.ID - Untuk pembangunan desa agar terarah selama enam tahun ke depan, Pemerintahan Desa Pal 30 Kecamatan Lais menggelar pelatihan pembuatan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes), Senin & Selasa (19 dan 20/9). Narasumber kegiatan ini Dwi Lestari, S.STP, M.Si sebagai Narasumber dari DPMD Bengkulu Utara dan Kasi PMD Kecamatan Lais, Joni.

Hadir dalam kegiatan ini Camat Lais, Hikman, SH yang diwakili oleh Kasi PMD, Joni, Kepala Desa Pal 30, Amin Nurhayat, PLD, dan tim 11 penyusun RPJMDes.

Kepala Desa Pal 30, Amin Nurhayat menyebutkan, pelatihan ini penting. Karena dengan adanya kegiatan ini mereka akan lebih memahami tujuan utama RPJMDes. Sehingga kegiatan untuk membangun desa akan bisa dianalisa sejak awal serta terprogram sampai lima tahun mendatang. Ia akan berupaya melaksanakan tugas yang terbaik untuk desa dan warganya. Baginya, pekerjaan untuk pembenahan desa lebih maju dari sebelumnya ada beban tugas yang menjadi kewajiban dilakukan.

“Saya masih banyak kurang dalam sisi pengetahuan untuk pemerintahan desa. Oleh sebab itulah pelatihan seperti ini menjadi pengetahuan saya. Sehingga upaya saya membangun desa maju dengan adanya pengetahuan akan bisa dilakukan. Sesuai dengan harapan warga saya,” terangnya.

Selanjutnya Kasi PMD, Joni, menyampaikan dalam menyusun program atau rencana didesa itu perlu adanya rencana dan pola agar terarah dan tertata dengan baik dan dalam penyusunan RPJMDes.

“Ada beberapa hal yang perlu diikuti yaitu kita harus memiliki manajemen berbentuk tim yang terdiri dari kepala desa sebagai pelaksana dan sekdes sebagai anggota dan anggota yang lain dengan jumlahnya paling sedikit tujuh orang dan paling banyak sebelas orang selanjutnya penyelarasan kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat dan jangan sampai berseberangan,” jelas Joni. (zii/adv)

Sumber: