Minum Air Putih Atasi Cegukan? Cek Begini Faktanya

Minum Air Putih Atasi Cegukan? Cek Begini Faktanya

Cara mengatasi cegukan--

RADARUTARA.ID - Siapa yang belum pernah mengalami cegukan? RadarUtara.ID yakin tidak ada. Bahkan, sejak bayi pun sudah mulai ada yang cegukan

Kondisi ini sangat mengganggu. Belum lagi ketika ini diiringi dengan asam lambung, rasa-rasanya, perut yang terisi angin, semakin tak enak saat cegukan.

Lalu apa saja faktor penyebab cegukan? Dilansir dari berbagai sumber, cegukan dapat disebabkan karena kita mengkonsumsi minuman bersoda, kemudian terlalu banyak makan, atau makan terlalu cepat dan terlalu cepat menelannya, selain itu stress juga bisa menjadi penyebabnya. Efek samping obat-obatan, dan penyakit tertentu seperti GERD dan Covid-19.

Tapi ada juga yang mengaitkan cegukan dengan firasat atau tanda-tanda sedang dalam masalah. Entah mitos itu benar atau tidak, tapi pastinya, jika cegukan memang sedang bermasalah. Sebab rasanya jengkel kalau cegukan.

Apalagi bagi penderita asam lambung, cegukan bisa berlangsung sangat lama, meski sudah berkali-kali minum air putih, kadang tak kunjung kembali normal.

BACA JUGA:Ini Tanda Kesehatan Tubuh Dilihat dari Warna Urine

Lalu bagaimana cara meredam cegukan yang tepat? Apakah meminum air putih efektif untuk meredakan cegukan?

Ya. Minum air putih adalah cara termudah yang bisa dilakukan untuk meredam cegukan. Dan hal ini terbukti efektif meredakan cegukan. Tapi hanya pada kondisi tertentu, yang bukan disebabkan oleh penyakit tertentu.

Ini lantaran, minum air dingin atau air hangat dapat menstimulasi saraf yang berfungsi untuk mengatur kerja pita suara, jantung, paru-paru, dan saluran cerna. Dengan stimulasi pada saraf tersebut, cegukan pun bisa dihentikan.

Tapi, teknik terbaik untuk meminum air putih saat cegukan adalah, minum air dingin dengan cepat atau minum air hangat secara perlahan sambil mengatur pernapasan. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membantu meredakan cegukan pada anak-anak.

Ingat, hal ini hanya berlaku untuk mengatasi cegukan yang ringan. Cegukan yang disebabkan oleh penyakit tertentu atau yang tidak kunjung membaik perlu ditangani oleh dokter.

BACA JUGA:Toko Emas Sakura, Diduga Gelapkan Uang Konsumen Hingga Ratusan Juta

Salah satu cara mengobati cegukan yang tidak kunjung membaik adalah dengan pemberian obat-obatan untuk mengontrol kontraksi diafragma.

Selain minum air, ada beberapa cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan, yaitu:

  • Berkumur dengan air es selama 30 detik
  • Memeluk erat lutut dalam posisi duduk selama 2 menit
  • Menahan napas selama 10–20 detik
  • Bernapas di dalam kantong kertas, jangan menggunakan kantong plastik
  • Mengisap lemon
  • Mengulum gula pasir selama 5–10 detik kemudian menelannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: