Masyarakat Dihimbau Waspada Gempa

Masyarakat Dihimbau Waspada Gempa

Ilustrasi gempa--

ARGA MAKMUR RU.ID- Sepanjang bulan September 2022 ini, terpantau untuk di wilayah Bengkulu Utara (BU) telah terjadi gempa sebanyak 2 kali, yang mencapai 5.6 magnitudo. Bahkan Kecamatan Enggano ditahun lalu menjadi salah satu wilayah yang menjadi langganan terjadinya bencana gempa bumi, walau tidak sampai berpotensi tsunami namun tetap diwaspadai dan semua masyarakat juga dihimbau untuk siaga bencana.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten BU, Eka Hendriadi, SH, MH, mengatakan pusat gempa yang berada cukup jauh dari daratan menjadi penyebab situasi masih aman dan tidak berpotensi tsunami. Namun, untuk tahun ini salah satu wilayah di Bengkulu diprediksi akan terjadi gempa dan tsunami, maka dari itu semua tetap harus waspada. 

"Sekecil apapun kemungkinan, kami harap semua warga bisa tetap waspada," pesannya. 

Posisi Kepulauan Enggano yang terletak di jalur cincin api atau ring of fire dan juga di Samudera Hindia, menjadi salah satu penyebab sering terjadinya gempa. Namun demikian, dirinya tetap menghimbau kepada warga untuk jangan panik, namun tetap harus waspada dengan berbagai kemungkinan, selain itu dirinya juga 2 desa tangguh di Enggano bisa bersiap-siap. 

"Jangan panik dan lakukan langkah penyelamatan diri sedari dini," tandas Kalaksa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: