Ini Penyebab Harga Cabe Mahal

Ini Penyebab Harga Cabe Mahal

Nampak aktifitas jual beli di Pasar Purwodadi Arga Makmur.--

KERKAP RU.ID - Harga Cabe di Pasaran saat ini memang sangat menguras kantong, pasalnya harganya sudah menembus Rp 100.000 per Kg Hal ini pun semakin membuat para pedagang dan pembeli mengeluh. 

Menurut pengakuan Akmal petani cabai di Kecamatan Kerkap, kondisi cuaca buruk yang tidak menentu menjadi faktor utama. Dijelaskannya, gara-gara cuaca buruk tanaman cabai yang ditanam petani banyak yang busuk karena kelebihan air, akhirnya stok cabai dari petani untuk didistribusikan ke pedagang pun berkurang.

“Memang sekarang lagi mahal yang tanam cabai juga hanya segelintir orang. Karena kebanyakan cabai yang ditanam sekarang busuk,” ungkap Akmal. 

Diungkapkannya pula, faktor lain yang menyebabkan, Mahalnya harga cabai saat ini juga disebabkan jalur distribusi yang terlalu panjang dari petani ke pasar. Sebab petani bakal menyerahkan hasil panennya ke pengepul, barulah didistribusikan ke penjual di pasar sampai ke tingkat pengecer.

“Ya memang banyak juga tahapannya karena kan kita engga bisa jual langsung ke pasar. Harus disetorkan dulu ke pengepul hasil panennya,” jelasnya.

Sementara itu diketahui, harga cabai  merah kini ada di angka Rp 100.000 per kg, naik dari Rp 90.000 pada minggu lalu. Harga cabai merah keriting saat ini berada di kisaran Rp 90.000 per kg, sementara minggu lalu dijual seharga Rp 80.000. Hanya cabai rawit hijau yang tidak mengalami kenaikan harga semenjak satu minggu belakangan. Harganya tetap di angka Rp 70.000 per kg. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: