Wujudkan Ketahanan Pangan, Lanal Bengkulu Tanam Sorgum

Wujudkan Ketahanan Pangan, Lanal Bengkulu Tanam Sorgum

Penanaman Sorgum di lahan ketahanan pangan Mako Lanal Bengkulu--

BENGKULU RU.ID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menanam Sorgum yang merupakan jenis tamanan, yang bisa digunakan sebagai salah satu sumber pangan. Kegiatan itu bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan, dan juga menindaklanjuti intruksi KASAL, Laksamana TNI. Yudo Margono.

Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P). Nyoman Gede Pradnyana AS mengatakan, penanaman Sorgum dilakukan serentak di 77 titik se-Indonesia, dan termasuk rangkaian HUT TNI AL ke-77.

"Jadi kegiatan ini merupakan gerakan nasional penanaman Sorgum," ungkap Nyoman usai penanaman Sorgum di lahan ketahanan pangan Mako Lanal Bengkulu, Jum'at (9/9).

Menurutnya, gerakan nasional ini sebagai bukti TNI AL bersama rakyat siap membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Dalam pelaksanaannya dipimpin langsung Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dan Wakasal, Laksamana Madya TNI. Ahmadi Heri Purwono dari Kampung Neglasari Desa Mekarwangi Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kegiatan ini juga merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam swasembada pangan untuk  meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia secara nasional," singkat Danlanal yang dalam penanaman dampingi Ketua Jalsenastri Cab. 4 Korcab II DJA I, Dyah Ayu Pradnyana beserta Forkopimda Provinsi Bengkulu.

Sebagaimana diketahui, Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku indsutri. Sorgum berada pada urutan kelima setelah Gandum, Jagung, Padi dan Kedelai. Tanaman ini merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Selain itu Sorgum dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu, karena bebas gluten dan memiliki angka indeks glikemik yang rendah. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: