Pemdes Gunung Besar Gelar Bimtek Penyusunan RPJMDes 2022/2028

Pemdes Gunung Besar Gelar Bimtek Penyusunan RPJMDes 2022/2028

Narasumber saat memberikan materi penyusunan RPJMDes di Desa Gunung Besar--

ARMA JAYA RU.ID - Pemerintah Desa Gunung Besar, Kecamatan ARMA JAYA, Kabupaten Bengkulu Utara menggelar pelatihan dan bimbingan Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) berbasis Sustainable Develompment Goals (SDGs) tahun 2022-2028. Kegiatan ini digelar di kantor desa setempat selama dua hari. Mulai dari tanggal 7 hingg 8 September 2022.

Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Camat Arma Jaya, Hartono, S.Pt, diharapkan dapat menghasilkan para penyusun RPJMDes yang mumpuni dan mampu menghasilkan RPJMDes yang berorientasi pada kepentingan masyarakat dan kemajuan desa.

Hal ini ditegaskan, Kepala Desa Gunung Besar, Adis Edi saat diwawancarai di sela-sela kegiatan yang mengatakan, pelatihan RPJMDes ini untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan kapasitas perangkat desa dan tim penyusun RPJMDes agar menghasilkan rancangan pembangunan yang sesuai dengan keinginan warga, memajukan desa dan tak melenceng dari ketentuan serta pedoman yang telah ditetapkan pemerintah.

"Ini juga penjabaran visi misi kepala desa. Jadi ada sinkronisasi antara visi kepala desa, keinginan warga, dengan rambu-rambu atau pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Demi kemajuan Desa Gunung Besar," terangnya.

Sementara, Camat Arma Jaya, Hartono, S.Pt dalam kesempatan ini meminta para peserta untuk serius menyerap apa yang akan disampaikan narasumber. Hal ini dimaksudkan agar dalam perjalanan penyusunan RPJMDes berjalan lancar dan menghasilkan rancangan pembangunan yang maksimal.


Kepala Desa Gunung Besar, Adis Edi--

"Jika ada yang belum jelas, langsung saja silakan ditanyakan. Jangan ragu-ragu. Apa yang kita ingin tahu, langsung tanyakan saja, agar tidak ada keraguan dalam penyusunan dan berjalan sesuai koridor. Tidak hanya itu, nanti juga silakan diminta kontak pemateri. Agar jika di pertengahan jalan ada kendala atau hal yang ingin ditanyakan kembali, dapat berkoordinasi," pesannya.

Selain Sri Dasa Utama, S.IP, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Utara yang secara langsung hadir memberikan materi, hadir pula Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunung Besar, Perangkat Desa Gunung Besar, Tokoh Masyarakat dan warga lainnya tim penyusun RPJMDes. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: