Kelanjutan Program BLT-DD di TA 2023 Belum Dapat Dipastikan

Kelanjutan Program BLT-DD di TA 2023 Belum Dapat Dipastikan

ilustrasi BLT DD--

PINANG RAYA RU.ID- Tenaga pendamping desa tingkat Kecamatan Pinang Raya, Edwar Manurung, belum dapat memastikan. Apakah program BLT-DD di TA 2023 mendatang, akan dilanjutkan atau tidak. Menurut Edwar, pelaksanaan program BLT-DD, ini tergantung dari arah kebijakan pemerintah pusat. Mengingat sumber dana yang digunakan untuk menunjang program BLT-DD, ini bersumber dari pemerintah APBN.

"Tergantung arah kebijakan pemerintah pusat. Karena sumber anggaran yang dipergunakan untuk program BLT-DD, ini berasal dari APBN," ungkap Edwar.

Ditegaskan Edwar, biasanya kebijakan program BLT-DD, ini akan dibarengi oleh regulasi yang diatur melalui Kementerian Keuangan RI atau berbentuk PMK. Sehingga dilanjutkan atau tidaknya program BLT-DD, ini di TA 2023, menurut Edwar, semua tergantung dari regulasi yang nantinya dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

"Biasanya pelaksanaan BLT-DD, ini akan diawali oleh regulasi semacam PMK dari Kemenkeu RI. Seperti penerapan program BLT-DD di TA 2022 saat, ini. Kita tunggu nanti," imbuhnya.

Memang lebih jauh diungkapkan Edwar, sebelumnya sempat timbul wacana. Bahwa BLT-DD akan tetap dilaksanakan di TA 2023. Akan tetapi tekhnis pelaksanaan yang diwacanakan di TA 2023, itu nanti kata Edwar, berbeda dengan pelaksanaan di tahun berjalan saat, ini.

"Sempat ada wacana anggaran BLT-DD akan dipangkas langsung dari pusat dan pelaksanaannya dialihkan melalui peran Dinsos. Dengan demikian, DD yang nantinya di terima oleh setiap desa bersifat reguler. Tapi, itu baru wacana. Saat, ini belum bisa kita pastikan," demikian Edwar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: