Penyusunan RPJMDes Harus Mengacu ke SDGs

Penyusunan RPJMDes Harus Mengacu ke SDGs

Ilustrasi--

NAPAL PUTIH RU.ID- Camat Napal Putih, M Abduh Sadat, M.Pd, meminta kepada desa di wilayah kerjanya untuk bersiap melakukan penyusunan dokumen RPJMDes. Dalam penyusunan dokumen RPJMDes, ini Camat, meminta, agar rencana program yang diwacanakan oleh masing-masing desa selama enam tahun kedepan bisa selaras atau mengacu kepada data potensial yang sudah terpetakan di dalam SDGs  (Sustainable Development Goals) dan IDM (Indek Data Membangun).

"Ini, bertujuan untuk memutakhirkan IDM dan SDGs nanti di lapangan. Maka, seluruh kepala desa wajib melihat dan memahami isi RPJM Des tersebut agar sesuai dengan kebijakan yang akan dilaksanakan," ungkap Camat.

Diakui Camat, ada 7 desa di Kecamatan Napal Putih yang diagendakan harus menyusun RPJMDes. Dan secara tekhnis rencananya penyusunan dokumen RPJMDes, itu kata Camat, akan dilaksanakan bergantian setiap desa melalui pendampingan dari tim ahli dari DPMD BU yang diagendakan serentak dengan jadwal pelatihan RPJMDes.

"Tentu dalam penyusunan, ini harus mencakup semua visi dan misi Bupati BU," tambahnya.

Menurut Camat, SDGs merupakan upaya terpadu untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring. Dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"RPJMDes berperan untuk menutupi program kerja yang belum terjangkau di dalam SDGs. Untuk, itu keduanya harus berjalan searah. Agar apa yang ingin dicapai oleh pemerintah pusat, daerah hingga desa bisa berlangsung maksimal," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: