Pemberian Vaksin Membuat Ternak Lebih Kebal dari Serangan PMK

Pemberian Vaksin Membuat Ternak Lebih Kebal dari Serangan PMK

Pemeriksaan hewan dan sosialisasi PMK terus dilakukan sembari menunggu pendistribusian vaksin PMK.--

PUTRI HIJAU RU.ID- Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt, menegaskan. Pemberian vaksin pada ternak sangat penting dan dianjurkan. Karena menurut Eri, setiap ternak yang sudah pernah di vaksin akan memiliki anti body lebih kuat dan membuat ternak lebih kebal saat terserang oleh virus PMK.

"Pemberian vaksin pada ternak sangat penting. Karena setelah di vaksin, ternak akan memiliki anti body dan lebih tahan saat menghadapi serangan virus PMK," ungkap Eri.

Hanya saja ditambahkan Eri, setiap ternak yang akan di vaksin harus dalam kondisi sehat atau sudah sembuh dari serangan virus PMK. Karena vaksin tidak bisa diberikan kepada ternak yang kondisinya sedang sakit. Dan tak masalah menurut Eri, bagi ternak yang sebelumnya sudah pernah terserang atau terjangkit oleh PMK ikut di vaksin

"Vaksin bukan mengobati ternak yang sedang sakit. Tapi vaksin lebih bertujuan untuk pencegahan. Sehingga ternak yang akan di vaksin harus benar-benar sehat," tegasnya.

Lebih jauh Eri, mengatakan, pemberian vaksin pada ternak hampir sama dengan tahapan vaksin yang dijalani oleh manusia saat menghadapi serangan Covid-19. Dimana pemberian vaksin tidak cukup dilakukan hanya satu kali. Tetapi pada tahapan selanjutnya ternak yang sudah pernah mengikuti vaksin di tahap pertama juga akan mendapat vaksin booster.

"Jeda satu bulan dari pemberian vaksin di tahap pertama. Selanjutnya ternak akan kita beri vaksin booster," demikian Eri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: