Rp 32 M SILPA Bisa Diformulasikan dalam APBD Perubahan

Rp 32 M SILPA Bisa Diformulasikan dalam APBD Perubahan

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Hj. Yuliswani, SE, MM, menyampaikan rencana anggaran APBD Perubahan. --

BENGKULU RU.ID - Sisa Lebih Perhitungan (SILPA) APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran (TA) 2021 dengan total mencapai Rp 273,98 miliar, yang bisa diformulasikan dalam APBD Perubahan tahun ini sebesar Rp 32,38 miliar. Demikian disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Hj. Yuliswani, SE, MM, Selasa (30/8).

"Sedangkan Rp 241,60 miliar sudah jelas peruntukkannya, yang secara otomatis tidak bisa diformulasikan lagi pada APBD Perubahan tahun ini. Seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Non Fisik TA 2021 dengan total Rp 35,12 miliar. Peruntukannya seperti untuk pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan keempat," ungkap Yuliswani.

Kemudian, lanjut Yuliswani, hibah dari pusat untuk rehab pasca bencana Rp 278,93 juta, hutang dana bagi hasil (DBH) 10 kabupaten/kota TA 2021 Rp 84,26 miliar, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Yunus dan Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soepratpo Rp 39,71 miliar, serta kas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp 679,80 juta.

"Terakhir SILPA yang dianggarkan pada pembiayaan APBD TA 2022 Rp 81,53 miliar. Sehingga totalnya SILPA yang sudah jelas peruntukkan atau penggunaannya Rp 241,60 miliar, dan nilai tersebut sama sekali tidak bisa diganggu-ganggu lagi. Makanya dari total SILPA TA 2021 itu, yang bisa diformulasikan Rp 32,38 miliar," terang Yuliswani.

Lebih jauh dikatakannya, Rp 32,38 miliar itulah nanti dalam formulasinya pada APBD Perubahan tahun ini dibahas bersama-sama antara TAPD dengan Banggar DPRD Provinsi Bengkulu.

"Untuk pembahasannya sendiri tentunya tetap menyesuaikan dengan Rencana Kerja (Renja) pemerintah daerah. Karena itulah dasar bagi kita agar pengalokasian anggaran tetap on the track," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: