Perempuan Harus Turut Berperan Mengisi Kemerdekaan RI

Perempuan Harus Turut Berperan Mengisi Kemerdekaan RI

Derta Wahyulin saat menghadiri sharing session SEDASI FEST 2022--

BENGKULU RU.ID - Kalangan perempuan harus turut berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI), terlebih kemerdekaan RI yang telah dicapai tidak lepas dari peran perempuan. Demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin saat menghadiri sharing session dalam SEDASI FEST 2022.

Menurutnya, peran perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan RI sangat besar. Terbukti penjahit pertama sang saka merah putih adalah seorang perempuan, yang merupakan putri asli Bengkulu bernama Fatmawati.

"Dimana sang saka merah putih itu dikibarkan menjelang kemerdekaan detik-detik proklamasi," ungkap Derta.

Tentu, lanjut Derta, dengan fakta sejarah tersebut, perempuan harus turut berperan dalam mengisi kemerdekaan dan sejauh ini sudah banyak yang terlihat.

"Sudah ada perempuan yang menjadi menteri, pengacara, tenaga pendidik dan lainnya. Ditambah lagi saat ini keberadaan perempuan mulai sejajar dengan laki-laki, tanpa mengenyampingkan kodrat sebagai perempuan," katanya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan SEDASI FEST 2022 ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan motivasi bagi perempuan untuk mengisi kemerdekaan.

"Banyak peluang bagi kita dalam mengisi kemerdekaan. Tinggal lagi bagaimana semangat itu kita implementasikan, sehingga perempuan bisa berperan dalam pembangunan," tegas Derta.

Sementara Direktur RVN, Tri Zulfah Ramadani mengatakan, SEDASI FEST 2022 bertujuan untuk dapat membangkitkan kembali ekonomi kreatif yang dipelopori oleh anak muda kreatif Bengkulu.

"Terutama dari kalangan perempuan, sehingga dapat ikut membangun Bengkulu lebih maju lagi," sampai Tri usai sharing session dengan tema Peran Perempuan untuk Kemerdekaan RI.

Terpisah, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengharapkan generasi muda Bengkulu memiliki semangat juang dalam mengisi kemerdekaan RI.

"Semangat juang kita warisi dengan cara mengisi kemerdekaan pada hal-hal positif, mampu mengatasi tantangan zaman, sekalgus bisa menyampaikan ide dan gagasan yang memiliki nilai kebermanfaatan," singkatnya. (tux)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: