Tata Kelola Baik, Arsip Bisa Ditemukan Secara Cepat dan Tepat

Tata Kelola Baik, Arsip Bisa Ditemukan Secara Cepat dan Tepat

Sosialisasi pelatihan dan pendampingan penataan kearsipan--

BENGKULU RU.ID - Dalam penataan kearsipan, harus dilakukan secara baik sehingga ketika dicari bisa ditemukan secara cepat dan tepat. Ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd saat membuka kegiatan sosialisasi pelatihan dan pendampingan penataan kearsipan yang digelar Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Selasa (26/7/2022).

Menurutnya, kearsiPan memiliki peranan penting, dan atas dasar itu Undang–Undang mengintruksikan dibentuk lembaga kearsipan disetiap wilayah di Negara Indonesia yang memiliki kewajiban dan tugas untuk menyelenggarakan kearsipan. 

"Tujuannya untuk menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan lembaga, perusahaan, organisasi politik, organisasi masyarakat, dan perorangan lingkungan pemerintah," ungkapnya.


Sosialisasi pelatihan dan pendampingan penataan kearsipan--

Meski demikian, lanjut Meri Sasdi, ketersediaan arsip harus dijamin, dengan tetap mengedepankan arsip tersebut autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah. Sehingga terwujudnya pengelolaan arsip yang andal dan pemanfaatannya sesuai dengan peraturan yang berlaku, karena ini juga bentuk perlindungan kepentingan pemerintah dan hak-hak keperdataan.

"Selain itu penataan kearsipan juga bertujuan untuk mendinamiskan penyelenggaraan kearsipan nasional sebagai suatu sistem yang komprehensif dan terpadu. Jadi keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sangat penting," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan tata kelola asris yang baik, juga dapat menjamin keselamatan aset daerah dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan, serta keamanan sebagai identitas dan jati diri. 

"Terakhir dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip," singkatnya. (tux/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: