Cuaca Buruk, Nelayan Panen Teri

Cuaca Buruk, Nelayan Panen Teri

MUKOMUKO RU.ID - Sejak beberapa hari lalu, kondisi cuaca di perairan laut Mukomuko terbilang buruk. Bukan hanya terjadi gelombang tinggi, namun angin juga cukup kencang. Meski demikian, cuaca buruk tersebut membawa berkah bagi sebahian nelayan khususnya di Pantai Indah Mukomuko (PIM), Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Pasalnya, nelayan setempat kini sedang panen ikan teri yang memiliki nilai jual terbilang lumayan. 

“Kalau ikan teri harganya lumayan mahal kalau dikelola baik. Dari hasil penan teri ini, nelayan bisa mendapatkan hasil sebesar Rp 200 – 300 ribu per hari. Itu hitungan bersih atau hitungan di luar minyak,” kata Japri, tokoh nelayan setempat. 

Dengan musim ikan teri, nelayan PIM rata – rata nekat melaut meski penuh resiko akibat kondisi cuaca buruk. Nelayan tidak ingin melewatkan musim ikan. Karena ikan tersebut tergolong ikan musiman. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, nelayan telah mempersiapkan diri dengan membawa pengaman. Baik baju pelampung, termasuk peralatan pengaman lainnya. 

“Antisipasi sudah dilakukan, mereka membawa alat pengaman. Alat pengaman itu dibawa bukan hanya kondisi cuaca buruk, tetapi cuaca baik pun nelayan tetap membawanya. Mudah-mudahan saja, musim ikan teri ini membawa berkah bagi masyarakat nelayan khususnya di PIM,” harapnya.

Terpisah Kabid Perikanan Tangkap di Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Warsiman, ketika dikonfirmasi membenarkan saat ini nelayan sedang panen teri. Sebelum musim teri, nelayan juga panen ikan tongkol dan beberapa jenis ikan lainnya. 

“Yang penting nelayan selalu waspada dengan kondisi cuaca yang kurang baik ini. Jika kondisinya tidak memungkinkan melaut, nelayan saya minta jangan melaut dulu meski sekarang lagi musim ikan teri dan ikan laut jenis lainnya,” pungkasnya. (rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: