Universitas Terbuka (UT) Dukung Pengembangan Wisata Desa Padang Jaya

Universitas Terbuka (UT) Dukung Pengembangan Wisata Desa Padang Jaya

--

PADANG JAYA RU.ID - Universitas Terbuka (UT) Provinsi Bengkulu secara resmi ikut serta dalam pengembangan kawasan wisata Desa Padang Jaya, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Hal ini dilakukan dengan menjadikan Desa Padang Jaya sebagai salah satu desa binaan Universitas Terbuka, dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Menariknya, kolaborasi antara Universitas Terbuka dengan pemerintah desa, berupa pembinaan desa wisata ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Bengkulu Utara, yaitu di Desa Padang Jaya.

Pembinaan kawasan Desa Padang Jaya menjadi Desa Wisata ini ditandai dengan peresmian Tugu Destinasi Pariwisata oleh Direktur Universitas Terbuka (UT), Yusrizal M.Pd pada, Selasa (26/7/2022) di halaman Kantor Desa Padang Jaya.

Direktur Universitas Terbuka (UT) Bengkulu, Yusrizal M.Pd kepada RU.ID mengatakan, dari hasil kajian Tridharma perguruan tinggi universitasnya, Desa Padang Jaya memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata. Hal itu terlihat dari banyaknya sumber daya yang ada di kawasan desa ini.

"Desa Padang Jaya merupakan lokus perdana yang kami berikan pembinaan, dan program ini adalah bukti pengabdian kepada masyarakat dari para dosen UT," jelasnya.

Tak hanya itu, kata dia, kedepannya di Desa Padang Jaya akan dilakukan lokus pembelajaran jarak jauh di embung desa, serta pelatihan SDM untuk kemajuan desa.

"Jadi, disini UT sudah siap membangun desa, melalui kelompok belajar, insyaAllah kedepan, UT siap menerima mahasiswa dengan keterbatasan biaya, karena belajar di UT biayanya sangat terjangkau," terangnya. 

Untuk itu, Universitas Terbuka bersama pemerintah dan masyarakat Desa Padang Jaya bekerja sama untuk memberdayakannya sebagai destinasi wisata unggulan.

Sementara, Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP, disampingi Kepala Desa Padang Jaya, Karyadi menyampaikan apresiasi kepada UT Bengkulu, atas kepedulian UT dengan desa, bisa memberikan dampak positif dan memberikan kontribusi untuk kemajuan Desa Padang Jaya.

"Harapan kami, program ini terus dikembangkan apalagi UT siap memberikan kemudahan untuk kuliah dengan cara jarak jauh, khususnya di desa, dengan begitu akan melahirkan SDM lulusan sarjana muda di desa," demikian Camat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Universitas Terbuka (UT) Bengkulu, Yusrizal, M.Pd, Satker Pengembangan Kawasan (PKP) Bengkulu diwakili oleh Rhomie Esahariawan, Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP, Kades Karyadi beserta perangkat, Ketua BPD serta anggota, Ketua PKK, serta pelaku UKM Desa Padang Jaya. (mrg/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: