Rabu Besok, Kantor Bupati Bakal Digeruduk

Rabu Besok, Kantor Bupati Bakal Digeruduk

Ilustrasi HGU--

MUKOMUKO RU.ID - Koalisi Masyarkat Sipil Desa Air Berau dan Penyangga yang menolak Hak Guna Usaha (HGU) PT. DDP Air Berau Estate (ABE) kembali menyerukan aksi. Isunya, mereka akan kembali menggeruduk Kantor Bupati Mukomuko. Jadwalnya sudah mereka tetapkan yaitu pada hari Rabu (13/7) lusa. Bukan hanya Kantor Bupati, pendemo rencana juga bakal menggelar aksi di depan Sekretariat DPRD Mukomuko dan Kantor Pertanahan (Kanta) Mukomuko. Hal ini dibenarkan Narahubung Demonstran, Dedi. 

"Benar, akan ada aksi. Surat pemberitahuan sudah kami sampaikan kepada pihak berwenang," ungkapnya. 

Alasan mereka kembali menggelar aksi, lantaran belum ada kejelasan terkait tuntutan mereka sebelumnya. Pihak Koalisi Masyarakat Sipil Desa Air Berau dan Penyanggah juga sudah memohon audiensi kepada Bupati, DPRD, dan Kanta Mukomuko, namun permohonan itu belum dijawab. 

"Kami mengundang seluruh elemen masyarakat untuk turut bergabung dalam aksi," ajaknya. 

Ada 8 tuntutan yang mereka usung dalam aksi Rabu (13/7) mendatang. Diantaranya, meminta pihak berwenang mengusut dan menindak oknum Kades dan BPD yang diduga menerima suap dan gratifikasi terkait perpanjangan HGU PT. DDP ABE. Kemudian, mereka mendesak Bupati Mukomuko memberikan sanksi kepada Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) yang tidak tidak mengikuti ketetapan harga TBS dari Pemprov Bengkulu. Meminta pihak berwenang menangkap dan menindak perusahaan yang merambah kawasan hutan. 

"Tanah untuk rakyat bukan untuk para cukong," sindirnya. (rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: