Jumat Depan, Jamaah Haji Tiba Di Mukomuko

Jumat Depan, Jamaah Haji Tiba Di Mukomuko

Kepala Kantor Kementerian Agama Mukomuko, H. Widodo, SH.I --

MUKOMUKO RU.ID - Sesuai jadwal, sebanyak 81 orang jamaah haji asal Kabupaten Mukomuko, bakal tiba di Mukomuko pada hari Jumat (22/7) mendatang. Sebab seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji di tanah suci, selesai pada hari Selasa (19/7). Mulai dari Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah Mekah, melontar Jumroh Aqobah hingga melaksamakan Tawaf atau mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mukomuko, H. Widodo, SH.I ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (7/7) kemarin. Sebelum jamaah tiba di Mukomuko, dari Arab Saudi, jamaah haji akan diterbangkan menuju embarkasi Padang, Sumatera Barat. Setelah itu, baru jamaah diterbangkan lagi menuju embarkasi Bengkulu.

“Dari Bengkulu, jamaah akan diberangkatkan menuju ke Kabupaten Mukomuko dengan menggunakan kendaraan darat. Besar kemungkinan, nanti tiba di Mukomuko sekitar jam 12.00 Wib malam,” jelas Widodo.

Setelah tiba di Kabupaten Mukomuko, sebanyak 81 orang jemaah haji akan diturunkan di tiga titik yaitu Ipuh, Penarik dan Mukomuko. Ini untuk memudahkan sanak saudara jamaah haji menjemput mereka. Sebab, sambungnya, jika jamaah diturunkan dalam satu titik yaitu di Mukomuko, akan merepotkan jamaah itu sendiri dan sanak keluarganya yang akan menjemput mereka.

“Kalau turun di Mukomuko seluruhnya, kasihan jamaah haji yang dari Ipuh dan sekitarnya. Karena mereka juga sudah rindu dengan sanak keluarganya. Makanya nanti akan kita turunkan di tiga titik,” ujarnya.

Widodo juga berpesan kepada seluruh jamaah haji, agar nantinya dapat lapor kepada pihak tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas terdekat. Ini juga untuk memastikan kondisi mereka sehat setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Meski pihaknya selalu berharap, seluruh jamaah haji asal Kabupaten Mukomujo diberi kesehatan.

“Harapan kami, seluruh jamaah haji kita sehat. Namun untuk memastikan kesehatan mereka, setibanya di Mukomuko nanti sebaiknya mereka memeriksanakan kesehatanya kepada petugas kesehatan yang ada di Puskesmas terdekat,” ingatnya.

Untuk sekarang ini, ia juga memastikan seluruh jamaah haji asal Kabupagen Mukomuko kondisinya sehat. Ini ia ketahui setelah mendapatkan informasi dari tim pendamping haji yang ada di tanah suci. Selain sehat, makan dan tempat istirahat mereka juga tidak ada masalah. Sehingga keluarga jamaah haji yang ada di Kabupaten Mukomukountuk tidak khawatir dan cemas mengenai kondisi jamaah.

“Semuanya baik–baik saja. mari sama – sama kita doakan semoga hingga kepulangan jamaah dari tanah suci ke Mukomuko selalu diberi kelancaran sesuai harapan kita bersama,” demikian Widodo. (rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: