Pemprov Kuliahkan Kades dan Perangkat Desa

Pemprov Kuliahkan Kades dan Perangkat Desa

--

BENGKULU RU.ID - Pemerintah Provinsi Bengkulu memprogramkan untuk menguliahkan Kepala Desa (Kades) beserta perangkat desa yang ada di Provinsi Bengkulu. Terbukti untuk mewujudkan program tersebut, Pemprov sejauh ini sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT).

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, RA. Denni mengatakan, program ini bukan hanya diperuntukkan bagi kades dan perangkatnya saja, tetapi juga Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

"Tentunya program ini hanya diperuntukkan bagi kades, perangkat dan BPD yang merupakan tamatan SMA sederajat," ungkap Denni.

Sehingga, lanjut Denni, mereka nantinya bisa mengambil jenjang pendidikan Strata Satu (S1) di kampus UT. Rencananya program ini mulai dialokasikan anggarannya pada APBD Perubahan tahun ini.

"Hanya saja pada tahap awal diperkirakan sekitar 50 sampai 100 orang perangkat desa terlebih dahulu untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UT," katanya.

Menurutnya, untuk persyaratan tidak ada yang khusus, termasuk dari sisi usia. Terpenting kades dan perangkatnya itu memiliki ijazah SMA sederajat.

"Melalui program ini kita juga menargetkan adanya peningkatan SDM terhadap kades dan perangkatnya. Karena kapasitas SDM itu sangat penting untuk pengelolaan pemerintahan desa," ujar Denni.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengemukakan, program ini diperuntukkan untuk meningkatkan kompetensi para perangkat desa. Karena kades dan perangkatnya menjalankan fungsi pemerintahan di tingkat desa.

"Diantaranya sepeti pengelolaan anggaran, melaksanakan pelayanan publik, dan menggerakkan pembangunan," demikian Rohidin. (tux)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: