Harga TBS di Pabrik Kembali Merosot

Harga TBS di Pabrik Kembali Merosot

TAMPAK antrean truk TBS menuju ke salah satu pabrik di Ketrina. --

PINANG RAYA RU.ID - Dipastikan hampir sepekan terakhir ini harga TBS sawit di tingkat pabrik kembali merosot. Jika sebelumnya harga TBS di pabrik dalam sepekan terakhir lalu, sempat tembus di harga Rp 1.300 per Kg. Namun saat ini harga TBS di beberapa PKS terpantau di angka 1.020 per Kg di PT Alno Agro Utama, sedangkan di PKS PT KKK berada diangka Rp 850 per Kg dan PT BAS berada diangka Rp 900 per Kg.

Tidak diketahui pasti apa penyebab merosotnya kembali harga TBS sawit di sejumlah PKS itu. Jelasnya, kondisi tersebut membuat seluruh petani TBS mengeluh.

"Hampir setiap hari harga turun. Selisih turun harga mencapai Rp 50 - Rp 130 per Kg. Sehingga harga beli TBS seperti di PKS PT BAS dan PT KKK saat ini berada di bawah angka Rp 1.000 per Kg," ujar salah satu petani TBS Pinang Raya, Lanjar Santoso.

Lanjut Lanjar, ia pun merasa bingung dengan situasi pasar TBS yang semakin tidak menentu. Karena menurut Lanjar, harga beli TBS di pabrik saat ini sangat memukul petani.

"Harga TBS saat ini sangat berdampak kepada ekonomi kami sebagai petani. Dan kondisi ini sangat tidak sesuai dengan tingginya harga sembako ditingkat pasar saat ini," keluhnya. (sig)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: