Terdata 1.692 Hewan Kurban di BU

Terdata 1.692 Hewan Kurban di BU

Ilustrasi Hewan Kurban-disway.id-raselnews.com

ARGA MAKMUR RU.ID - Angka hewan kurban yang berhasil dirangkum Kantor Kemenag Bengkulu Utara (BU) melalui jejaringnya, berjumlah 1.692 ekor. Didominasi sapi sebanyak 1.047 ekor, selanjutnya kambing 610 ekor dan kerbau 35 ekor. 

Kepala Kantor Kemenag BU, H Ajamalus, MH, melalui Kasi Bimas Islam, Hamid Muhakkam, M.HI mengatakan, akumulasi jumlah hewan kurban itu, diambil dari laporan berbasis wilayah kerja Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah. 

"Jumlah hewan kurban terbanyak di Kecamatan Padang Jaya 272 ekor, disusul Kecamatan Arga Makmur sebanyak 226 ekor dan urutan ketiga terbanyak Kecamatan Pinang Raya 169 ekor," ujarnya, kemarin. 

Soal wabah Penyakit Kuku dan Mulut atau PMK? Hamid menyitir surat edaran Menteri Agama, menegaskan, menyembelih hewan kurban pada Hari Idul Adha, hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian, umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban di tengah wabah PMK. Umat Islam, diimbau memastikan kesehatan hewan kurban yang dibelinya. Selain itu, umat Islam yang berniat berkurban dan berada di daerah wabah, tertular dan dari daerah terduga PMK, diimbau melakukan penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH). 

"Petugas dan masyarakat, wajib memperhatikan Surat Edaran Menteri Pertanian tentang Pelaksanaan Kurban dan Pemotongan Hewan di tengah situasi wabah PMK," tegas SE Menag Yaqut Cholil Qoumas, pada penegasan 2 g terkait hal Khusus. (bep)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: