Ratusan Ekor Ternak MSS Divaksin

Ratusan Ekor Ternak MSS Divaksin

SIGIT/RU - Kegiatan vaksinasi PMK di Desa Karya Pelita Kecamatan MSS oleh Puskeswan Putri Hijau.--

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Kuota vaksin virus PMK yang didapatkan oleh Puskeswan Putri Hijau telah direalisasikan. Sedikitnya ada 284 ternak sapi milik masyarakat di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) telah berhasil divaksin secara serentak di Desa Karya Pelita pada hari Sabtu (2/7) lalu. 

Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt menerangkan, dari total kuota vaksin PMK yang didapatkan oleh Puskeswan Putri Hijau sebanyak 500 dosis. 300 dosis diantaranya telah dipersiapkan khusus untuk ternak di Kecamatan MSS. Dan dari jumlah dosis yang tersedia, itu sedikitnya 284 dosis vaksin sudah diberikan kepada ternak masyarakat. 

"Jatah vaksin untuk Kecamatan MSS sudah kita realisasikan. Total ada 284 ternak sapi milik masyarakat sudah tervaksin dan kita laporkan kepada pemerintah pusat melalui sistem ISIKHNAS (sistem informasi kesehatan hewan nasional)," ujar Eri.

Dipastikan Eri, dosis vaksin PMK yang diberikan kepada ternak masyarakat, ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya. Sehingga Eri berharap betul, jatah dosis vaksin yang difasilitasi atau disediakan oleh pemerintah, ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat untuk menangani ancaman virus PMK yang saat, ini sudah mewabah diberbagai daerah. 

"Vaksin kita berikan secara gratis. Tidak dipungut biaya. Karena, ini memang dari upaya pemerintah dalam menanggulangi serangan wabah PMK secara nasional," tegasnya.

Ditambahkan Eri, pelaksanaan vaksinasi akan terus dilakukan oleh pihaknya sesuai jumlah kuota dosis vaksin yang saat, ini masih tersedia. Diharapkan Eri, masyarakat dapat berkoordinasi dan pro aktif berkomunikasi dengan para petugas untuk menyukseskan penanganan virus PMK ini. 

"Bagi ternaknya yang belum sempat tervaksin segera berkoordinasi dengan petugas. Sesuai sisa dosis vaksin yang masih kita miliki akan kita berikan. Selebihnya tindakan pencegahan lain diluar vaksinasi harus tetap dilaksanakan oleh masyarakat," imbaunya.(sig)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: