Napi Dikunjung Sekali Sepekan

Napi Dikunjung Sekali Sepekan

BENNY/RU - NARAPIDANA di Kapas Arga Makmur, tengah mendukung capaian vaksinasi Covid-19 di daerah. --

ARGA MAKMUR RU.ID - Normalisasi aktifitas di lingkungan lapas, agaknya tengah menuju ke situasi awal, sebelum pagebluk Covid-19. Kini, warga kunjungan kepada tahanan dan narapidana, diguyur perlahan ke tatap muka. Hampir tiga tahun terakhir, lapas menerapkan kunjungan virtual. 

Dikonfirmasi RU, Kepala Lapas Klas II B Arga Makmur, Luhur Pambudi, Amd.IP, SH, MH, mengatakan, wacana menuju kunjungan tatap muka itu, berdasarkan edaran Menteri Hukum dan HAM. Hanya saja, memiliki mekanisme yang wajib dilaksanakan, baik oleh lapas, warga binaan termasuk tahanan serta pengunjung. 

"Syarat kunjungan tatap muka, pertama sudah vaksin lengkap, termasuk booster, status kejadian Covid-19 di level 1 atau 2, jika tahanan, harus memiliki izin dari instansi terkait dan kalau terkendala komorbid, harus dilengkapi surat dari pihak berkompeten," kata Luhur Pambudi, kemarin. 

"Dan kunjungan hanya bisa dilakukan satu kali dalam sepekan," susulnya lagi, menegas. 

Ditanyai soal sidang virtual? Luhur menegas, hingga kini mekanisme di tengah pandemi itu, belum dicabut. Bisa jadi, kata dia, wacana tatap muka yang dimulai itu, mengarah pada aktifitas normal sebelum pandemi. Pastinya, terus dia, kebijakan anyar itu nantinya akan menjadi bahan evaluasi kedepan. 

"Tentunya sesuai dengan eskalasi pandemi yang terjadi. Karenanya, vaksinasi di lingkungan lapas juga menjadi konsen kami secara kolaboratif lintas stakeholder," pungkasnya. (bep) 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: