Lomba Mancing Turut Promosikan Wisata, Bupati Bangga

Lomba Mancing Turut Promosikan Wisata, Bupati Bangga

YUDI/RU - Bupati melemparkan pancing, sebagai tanda dibukanya lomba mancing lepas pantai.--

MUKOMUKO RU.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko, menggelar lomba mancing lepas pantai. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Pantai Air patah, kelurahan koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Sabtu (2/7).

Ribuan warga memadati objek wisata Pantai Air Patah tersebut untuk menyaksikan Lomba Mancing Pantai dalam rangka HUT Ke 5 PWI Kabupaten Mukomuko. Lomba mancing yang dilaksanakan dan dibuka sejak pagi hingga sore, setidaknya lebih dari 556 orang angler atau pemancing, memadati sepanjang bibir Pantai Air Patah. 

Salah satu diantara mereka sebagai juara lantaran berhasil mendaratkan ikan seberat 5,4 kilogram pada pukul 11.40 WIB dengan jenis ikan gebur. Peserta atas nama, Sumadi, warga Desa Air Bikuk Kecamatan Pondok Suguh. Ia pun berhak atas hadiah uang tunai Rp 5 juta, dan tropi. Sedangkan juara kedua, ikan pari seberat 2,8 kilogram, pada pukul 12.03 WIB. 

Didapat Arwandi warga Desa Pauh Terenja Kecamatan XIV Koto. Mendapatkan hadiah uang tunai Rp 3 juta dan tropi. Sedangkan juara ketiga, hingga berakhirnya lomba,  tidak berhasil didapat pemancing. Peraih juara 1, Sumadi (42), karyawan PT. Agro Air Bikuk mengaku hanya menggunakan satu joran pancing. Dengan menggunakan umpan ikan seluang. 

"Rencananya hadiah mancing ini, untuk biaya anak masuk sekolah di SMKN 3 Mukomuko di Desa Lubuk Sanai," kata Sumadi dengan penuh sumringah.

Sedangkan Arwandi (43), guru SDN 05 XIV Koto mengaku juga menggunakan satu joran. Namun menggunakan umpan ikan petai-petai.

"Benar-benar tidak mengira. Hadiahnya nanti untuk bagi-bagi dengan kawan-kawan. Karena datang tadi ramai-ramai bersama kawan," kata Arwandi. 

Lomba mancing lepas pantai, dibuka langsung Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA. Hadir Wakil Bupati Mukomuk, Wasri, Ketua DPRD Mukomuko M. Ali Saftaini, SE, Dandim 0428/Mukomuko Letkol. Czi. Rinaldo Rusdy, S.IP, Kajari Mukomuko Rudi Iskandar, SH, MH, Penjabat Sekda Mukomuko Drs. Yandaryat Priendiana, Ketua Pengadilan Agama Fatullah, S.Ag, Wakapolres Kompol. Ahmad Musrin Muzni, SH, S.IK dan Kakan Kemenag H. Widodo, S.HI. Dan acara pun ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri, sekitar pukul 16.30 WIB. 

Dalam kata sambutanya, Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA merasa bangga, atas terselenggaranya Lomba Mancing Pantai yang digelar PWI Mukomuko. Sebab kegiatan tersebut, tidak hanya menjadi ajang menyalurkan minat dan hobi olah raga mancing. Tapi kegiatan yang digelar untuk ketiga kalinya itu, juga menjadi ajang penting mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Mukomuko. 

"Terima kasih PWI Mukomuko, HUT yang ke-5, dengan kegiatan Lomba Mancing Pantai. Saya hari ini sangat bangga dan sangat senang. Lomba seperti ini, selain menyalurkan hobi, juga promosi wisata yang ada di Mukomuko," ujar Bupati. 

Apalagi, sambungnya, kegiatannya juga dibarengi dengan digelarnya kegiatan donor darah. Sehingga masyarakat tidak hanya datang mincing dan rekreasi. Tapi juga bisa membantu warga yang membutuhkan darah. 

"Jadi tempat ini enak dikunjungi, bisa bersantai, mancing, sekalugus donor darah. Bisa jadi amal jariyah. Makanya saya sangat senang sekali. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini terus kedepan rutin dilaksanakan," harap Bupati. 

Pemkab lanjutnya, selalu mendukung kegiatan yang positif. Terlebih lagi, kegiatan itu dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Siapapun yang melaksanakannya. 

"Semua kegiatan, sepanjang bisa menggerakkan ekeonomi masyarakat, apalagi promosi wisata, kita sangat mendukung," pungkasnya. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: