Setahun, 1.300 Buku Nikah Ludes

Setahun, 1.300 Buku Nikah Ludes

DOK/RU- Ilustrasi Buku Nikah--

MUKOMUKO RU.ID – Sejak beberapa tahun lalu, kebutuhan buku nikah di Kabupaten Mukomuko cukup tinggi. Data  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, dalam setahunnya, sebanyak 1.000 hingga 1.300 pasang buku nikah habis.

“Kebutuhan di Mukomuko 1.000 hingga 1.300 pasang buku nikah dalam setahun,” kata Kakan Kemenag Kabupaten Mukomuko, H. Widodo, SH.I. 

Kebutuhan buku nikah itu, selain pasangan yang baru menikah, juga diterbitkan bagi pasangan suami istri (Pasutri) yang  telah melakukan isbat nikah. Khusus isbat nikah, pihaknya menerbitkan buku nikah setelah adanya surat keputusan pasutri yang bersangkutan telah sidang isbat nikah yang dilakukan majelis hakim Pengadilan Agama (PA). Ia juga menyampaikan, untuk sidang isbat nikah masyarakat tidak repot-repot lagi keluar daerah. Karena telah mendapatkan pelayanan di Kantor PA yang ada di Mukomuko. 

“Sidang isbat nikah massal pernah dilakukan teman-teman Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Mukomuko yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, Kemenag dan Pemda.  Alhamdulillah berjalan sukses. Dan saat itu sudah banyak masyarakat yang mengusulkan secara mandiri untuk sidang isbat nikah langsung ke PA Mukomuko. Sedangkan Kemenag menerbitkan buku nikah nya,” bebernya. 

Untuk stok buku nikah di tahun 2022 ini, diprediksi hingga akhir Desember  2022 mendatang cukup.

“Stok buku nikah masih ada hingga akhir tahun nanti,” pungkasnya. (rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: