Penerima Banpol Bertambah

Penerima Banpol Bertambah

DOK/RU - TAMPAK bendera salahsatu Parpol, mewarnai jalur protokol dalam Kota Arga Makmur. --

ARGA MAKMUR RU.ID - Hibah anggaran untuk partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD Bengkulu Utara (BU) 2022 ini, bertambah. Total penerimanya 12 parpol. Sebelumnya, Pemda BU hanya mencairkan kepada 11 parpol, minus Partai Berkarya yang kini bersalin nama menjadi Partai Beringin Karya. 

Kepala Badan Kesbangpol BU, Zahrin, S.Sos, MM, waktu dikonfirmasi mengatakan, penambahan satu parpol di tahun ini, pasalnya sudah dikuatkan dengan ketetapan pemerintah dan lembaga terkait, sesuai dengan petunjuk teknis distribusi Banpol yang diterbit pemerintah. 

"Iya. Menjadi 12 parpol. Karena ada Partai Beringin Karya yang sudah menyampaikan putusan Kemenkumham atas identitasnya terkini," ujar Zahrin, kemarin. 

Anggaran di daerah, mengalami kenaikan. Meski tak signifikan. Pasalnya, anggaran dengan indeks Rp 6.900 setiap suara sah partai, dihitung dari penetapan KPU BU berdasarkan Pilleg terakhir.

Disinggung perihal rencana kenaikan Indeks banpol? Zahrin, menegaskan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi hal itu. Hanya saja, sesuai mekanismenya, mesti melalui beberapa tahapan. Selain disesuaikan dengan kondisi fiskal daerah. Nantinya, akan ditinjau dan harus melalui leges Gubernur. 

"Tentunya, itu menjadi bagian pemikiran dan kajian daerah kedepannya. Hanya by proces. Selain itu, Provinsi akan menghitung dan mengkaji kekuatan fiskal daerah," ujarnya

Soal progres usulan pencairan Banpol TA 2022? Zahrin, mengatakan kini tengah berjalan. Mayoritas partai sudah menyampaikan usulan, pasca BPK menerbitkan LHP Banpol 2021 beberapa waktu lalu. 

"9 partai sudah diverifikasi dan masih menunggu proses administrasi lainnya dan menunggu usulan 3 partai lagi," kata Zahrin, tak menggamblang partai mana yang belum menyampaikan usulannya untuk anggaran hibah bertotal Rp 1,1 miliar itu. (bep) 

 

Penerima Banpol Bengkulu Utara TA 2022

No  Partai    Kursi          Anggaran

1.   PDIP          6             240,6 Juta

2.   Golkar      5             165,2 Juta

3.   Gerindra    4             146,6 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: