636 Kasus, PMK Sasar Tujuh Kabupaten

636 Kasus, PMK Sasar Tujuh Kabupaten

ILUSTRASI SAPI-DOK-raselnews.com

BENGKULU RU.ID - Hingga saat ini serangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak milik masyarakat sudah mencapai 636 kasus, yang tersebar di 7 kabupaten dalam wilayah Provinsi Bengkulu. Ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakeswan) Provinsi Bengkulu, M. Syarkawi, Selasa (28/6).

"Total kasus dan sebaran PMK yakni Bengkulu Utara sebanyak 1 kasus, Kepahiang 55 kasus, Rejang Lebong 340 kasus, Bengkulu Tengah 92 kasus, Mukomuko 9 kasus, Seluma 39 kasus dan Bengkulu Selatan 100 kasus," ungkap Syarkawi.

Meskipun demikian lanjut Syarkawi, dari total kasus PMK tersebut, beberapa diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Seperti di Rejang Lebong terdapat 58 kasus sembuh dan Seluma 12 kasus.

"Berbeda dengan yang di Bengkulu Utara, hewan ternak yang terpapar PMK disembelih untuk menghentikan laju penyebarannya," kata Syarkawi.

Sedangkan, lanjut Syarkawi, hewan ternak yang mati akibat terpapar PMK, tercatat baru satu ekor. Dengan demikian total kasus hewan ternak yang masih mengidap PMK sebanyak 564 kasus.

"Sebelumnya sudah disalurkan vaksin guna menekan serangan PMK ini. Vaksin tersebut untuk memperkuat daya tahan hewan ternak ketika terpapar PMK," singkatnya. (tux)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: