Program Ketahanan Pangan Suka Medan Sasar 335 KK

Program Ketahanan Pangan Suka Medan Sasar 335 KK

SIGIT/RU - Pemdes Suka Medan salurkan program ketahanan pangan berupa bibit buah durian dan kelengkeng yang bersumber dari DD TA 2022 kepada masyarakat.--

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Tak hanya fokus kepada program BLT-DD. Upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di TA 2022, ini turut difokuskan oleh Pemdes Suka Medan melalui program ketahanan pangan. Dimana dalam program ketahanan pangan yang bersumber dari 20 persen DD di Desa Suka Medan, ini berhasil menyasar 335 KK dalam bentuk penyaluran bibit buah-buahan berupa durian jenis Musang King dan Kelengkeng. Praktis, seluruh bibit buah-buahan yang melalui proses pengadaan oleh Pemdes, itu telah berhasil disalurkan atau diserahkan kepada masing-masing KK di Desa Suka Medan untuk dimanfaatkan.

"20 persen DD yang kita miliki untuk ketahanan pangan tahun, ini kami fokuskan kepada bibit buah-buahan berupa Durian serta Kelengkeng. Dan bibit tersebut sudah kami salurkan kepada masing-masing rumah masyarakat dengan porsi pembagian dalam 1 KK-nya menerima tiga buah bibit Durian dan satu buah bibit Kelengkeng," ujar Kades Suka Medan, Matruni, melalui Sekdes, Gawardi, SH.

Diungkapkan Gawardi, bibit buah-buahan yang disalurkan oleh desa kepada masyarakat, ini ditargetkan dapat memberi feed back positif terhadap ketahanan pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat di desanya untuk jangka panjang kedepan. Minimal kata Gawardi, buah yang dihasilkan dari tanaman yang difasilitasi oleh desa, itu dapat mencukupi kebutuhan pangan dan memberi nilai tambah ekonomi kepada masyarakat di masing-masing keluarga.

"Kita manfaatkan pekarangan rumah milik warga yang masih kosong agar menjadi produktif melalui tanaman buah-buahan yang kita fasilitasi. Kita targetkan buah yang dihasilkan nanti bisa menjadi alternatif menjaga ketahanan pangan masyarakat dan bisa memberi nilai tambah terhadap ekonomi masyarakat yang saat, ini berusaha bangkit pasca pandemi Covid-19," demikian Gawardi. (sig)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: