Tahun Ini, Bazar dan Pameran Tabut Belum Dilaksanakan

Tahun Ini, Bazar dan Pameran Tabut Belum Dilaksanakan

TABUT BENGKULU--

BENGKULU RU.ID - Bazar dan pameran dalam festival Tabut pada tahun ini dipastikan belum dilaksanakan. Ini ditegaskan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Bengkulu, Almidianto. Menurutnya, jika nantinya ada pagelaran bazar dan pameran saat festival Tabut berlangsung, maka dipastikan kegiatan tersebut ilegal.

"Anggaran untuk penyediaan bazar dan pameran yang biasanya digelar di Lapangan Merdeka, itupun tidak ada sama sekali atau tidak tersedia. Adapun anggaran yanf disediakan Rp 250 juta yang diperuntukkan bagi pelaksanaan ritual tabut, yang rutin dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 10 Muharam setiap tahunnya," ungkap Almdianto.

Meskipun demikian, lanjut Almidianto, pelaksanaan Tabut digelar secara hybrid. Dimana ritualnya nanti kemungkinan besar direkam terlebih dahulu, dan barulah kemudian ditampilkan atau ditayangkan dalam video secara online yang langsung dilakukan kurotor dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

"Jadi nanti kontennya didampingi langsung kurator dari Kementerian Parekraf. Mengingat Tabut itu sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Untuk tempat pelaksanaan, sejauh ini kita sudah menyiapkan yakni di Taman Budaya. Sedangkan untuk lokasi alternatifnya di Balai Raya Semarak," tandasnya. (tux)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: