Aktifkan Leb, DLH Gandeng Provinsi

Aktifkan Leb, DLH Gandeng Provinsi

Kadis LH Kabupaten Mukomuko, M Rizon, S.Hut, M.Si--

MUKOMUKO RU.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, berencana bakal menggandeng Pemprov Bengkulu untuk mendampingi mengoperasikan laboratorium milik DLH Mukomuko. Pihak provinsi, nantinya diminta untuk membimbing tatacara pengambilan sample yang bakal diuji. Medki DLH mengklaiam sudah memiliki tenaga ahli, tetapi mereka selama ini belum melaksanakan praktek secara berkesinambungan di leb DLH Mukomuko.

“Jadi tenaga ahli yang kita miliki perlu ada pendamping. Makanya nanti untuk pendampingnya, kami minta tim ahli leb dari provinsi. Tahun 2022 ini akan kita mulai aktifkan,” kata Kepala DLH Kabupaten Mukomuko, M.Rizon, S.Hut, M.Si, ketika dikonfirmasi kemarin.

Untuk efektif leb DLH dioperasikan untuk menguji kadar, baru bisa dijalankan di tahun 2023 mendatang. Sebab mengoperasikan leb tersebut, butuh anggaran. Misalnya, untuk membeli zat-zat kimia dan lainnya. Sedangkan anggaran untuk membeli kebutuhan tersebut, sekarang tidak ada sama sekali.

“Saat ini ada zat-zat kimia yang kedaluwarsa dan tidak dapat dipakai lagi. Makanya, kami perlu anggaran untuk membeli zat itu. Kita akan ajukan anggaranya di APBD tahun 2023 mendatang,” ungkapnya.

Jika leb itu sudah dioperasikan, akan memberikan manfaat besar terhadap daerah. Bukan hanya mampu menghasilkan pendapatan untuk daerah, tetapi ia tidak susah lagi keluar daerah hanya untuk menguji sample limbah milik perusahaan atau milik yang lainnya.

“Untungnya banyak. Mudah – mudahan saja, rencana mengaktifkan leb DLH dapat berjalan lancar. Dan kami juga meminta dukungan dari semua pihak khudusnya masalah anggaran untuk kelancaran leb ini,” harap Rizon. (rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: