Sidak, Bupati Pastikan Mukomuko Bebas PMK

Sidak, Bupati Pastikan Mukomuko Bebas PMK

Bupati, Sapuan saat Sidak pos cek point hewan ternak di perbatasan Mukomuko--

MUKOMUKO RU.ID – Tiga pos cek poin hewan ternak, disidak Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA. Bupati memastikan, seluruh hewan ternak sapi di Kabupaten Mukomuko, harus bebas dari penularan penyakit mulut dan kaki (PMK). Selain itu, Mukomuko juga harus menyandang status, bukan sebagai daerah yang menyebabkan hewan ternak sapi di daerah lain tertulas PMK.

“Mukomuko harus bebas dari PMK,” tegas Bupati. 

Keberadaan pos cek poin, lanjutnya, menjadi tempat memastikan, bahwa hewan ternak sapi yang hendak keluar dari Mukomuko, dalam kondisi sehat. Dibuktikan dengan adanya kelengkapan dokumen surat menyurat kesehatan dan asal usul hewan. Demikian juga sebaliknya, hewan ternak sapi yang hendak masuk Mukomuko, juga harus sehat. Terbebas dari indikasi membawa PMK. 

“Jadi adanya tiga pos cek poin di perbatasan Mukomuko Provinsi Bengkulu ini, dalam rangka pencegahan PMK. Dan untuk memastikan pos cek poin ini benar-benar bekerja dan efektif, makanya saya turun langsung mengecek kondisi di lapangan,” katanya. 

Bupati memulai sidaknya dengan mengecek pos cek poin di dua lokasi. Yang keduanya berada di jalur alternatif atau jalan tikus, penghubung Mukomuko dengan Pesisir Selatan. Baru kemudian, Bupati Sidak ke pos cek poin utama di Desa Lubuk Pinang Kecamatan Lubuk Pinang. 

“Kita sudah lihat ketiga pos cek poin, semuanya telah berjalan. Kita harap ini didukung masyarakat setempat. Agar tidak ada yang lolos dari pos cek poin ini,” harap Bupati.

Ia optimis, Mukomuko terbebas dari PMK. Pasalnya, dalam upaya pencegahan itu, Pemkab tidak bekerja sendiri. Melainkan turut dibantu penuh Polres Mukomuko dan Kodim 0428/Mukomuko. Diharapkan pula, kesadaran masyarakat, untuk disiplin, bersama-sama menyadari pentingnya Mukomuko bebas dari PMKS.

“Dengan adanya kerjasama antar OPD, Polres dan Kodim, bisa mendisiplikan masyarakat kita dalam lalu lintas ternaknya. Agar Mukomuko tidak terdampak PMK. Apalagi penularan PMK ini sangat cepat. Dengan dijaga betul-betul, mudah-mudahan PMK tidak masuk Mukomuko,” pungkasnya. (rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: