Dekat RSUD, Lahan Gambut Terbakar

Dekat RSUD, Lahan Gambut Terbakar

MUKOMUKO RU.ID- Lahan gambut seluas 2 hektar terbakar pada, Sabtu (26/2). Mirisnya, lokasi kebakaran tersebut tidak jauh dari RSUD Mukomuko di Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjunto. Hingga sekarang, belum diketahui siapa pelaku pembakaran lahan tersebut. Dan perkara itu, kini sudah ditangani Sat Reskrim Polres Mukomuko, Polda Bengkulu.

\"Masih kita selidiki siapa pemilik lahan, coba nanti kita klarifikasi,\" tegas Kapolres Mukomuko, AKBP. Witdiardi, S.Ik, MH melalui Kasat Reskrim, AKP. Teguh Ari Aji, S.Ik.

Pihaknya menjadwalkan, akan memanggil pemilik lahan gambut yang terbakar tersebut pada Selasa (2/3) minggu depan. Meski demikian, pelaku pembakaran lahan gambut terus diselidiki, termasuk memastikan apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

\"Nanti pemilik lahannya kita panggil, setelah itu memanggil orang yang melakukan aktivitas pembukaan lahan gambut tersebut,\" ujarnya.

Sementara itu, untuk memadamkan api yang membakar lahan gambut di wilayah itu, telah dikerahkan tim pemadam kebakaran dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko.

\"Kami sudah tugaskan petugas pemadam kebakaran, setelah kami menerima laporan adanya lahan gambut yang terbakar di wilayah itu,\" kata Plt Kepala.Dinas Pol PP dan Damkar Mukomuko, Jodi, S.Pd, S.IP.

Di musim kemarau yang terjadi saat ini, pihaknya mengaku telah menyurati seluruh camat dan kepala desa untuk diteruskan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

\"Kami sudah sampaikan surat imbauan kepada camat dan kades untuk diteruskan kepada warganya untuk tidak melakukan aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar karena melanggar aturan,\" pungkasnya. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: