Lagi, Terkonfirmasi Positif Tambah 171 Kasus

Lagi, Terkonfirmasi Positif Tambah 171 Kasus

  • Belum AdaKlaster Pilkada
BENGKULU RU - Berdasarkan update terkini perkembangan kasus Corona Virus Disease (Covid-19), Jum\'at (18/12) kemarin, angka terkonfirmasi positif bertambah sebanyak 171 kasus. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes. \"Tambahan 171 kasus positif Covid-19 tersebut, asal Kota Bengkulu 88 kasus, Bengkulu Uara dan Bengkulu Tengah masing-masing 12 kasus, Rejang Lebong 20 kasus, Lebong 1 kasus, Kepahiang 26 kasus, Mukomuko 4 kasus, Seluma 2 kasus, dan Kaur 6 kasus,\" ungkap Herwan. Menurutnya, adapun yang sudah diperiksa sejauh ini sebanyak 16.455 sampel. Dengan penambahan tersebut maka total konfirmasi positif di Provinsi Bengkulu menjadi 2.950 kasus. \"Sedangkan yang suspek 5.721 orang. Rata-rata penambahan kasus positif itu, saat ini menjalani isolasi mandiri dan ada juga yang dirawat,\" kata Herwan. Lebih jauh dikatkannya, hari ini (kemarin, red) tercatat penambahan angka kesembuhan sebanyak 50 kasus, sehingga totalnya menjad 1.864 orang. \"Sedangkan yang meninggal 1 kasus yakni kasus 2.949 asal Kota Bengkulu. Sejauh ini total kasus konfirmasi positif yang sudah meninggal dunia sebanyak 101 orang,\" singkat Herwan.
  • Belum Ada Klaster Pilkada
EMPAT hari berlalu, kasus paparan virus Corona yang berhasil dilacak, belum ada yang mengindikasikan adanya Klaster Pilkada. Dari hampir 200 kasus positif Covid-19 yang ada di Bengkulu Utara (BU), seluruhnya merupakan hasil lacak medis baik mereka yang dirawat di rumah sakit atau lacak kontak erat dalam kasus-kasus sebelumnya. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 BU, Samsul Ma\'arif, SKM, M.Kes, kepada Radar Utara menyampaikan hingga saat ini belum ditemukan kasus yang terjadi, merupakan claster Pilkada. Sembari berharap, tidak munculnya claster yang cukup menjadi kekhawatiran banyak pihak itu, menandakan penyelenggaraan kontestasi yang dipusatkan di 637 Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu, betul-betul menjalankan protokol kesehatan (prokes), sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. \"Sampai hari ini, 197 kasus positif Covid-19, bukan berasal dari claster Pilkada. Dengan artian, hasil tes itu berdasarkan hasil Polymerase Chain Reaction atau PCR berdasarkan spesimen SWAB test yang dilakoni mereka pasca reaktif dan sebelum Pilkada,\" Samsul menekankan.
  • Satgas Covid-19 Perketat Pengawasan Prokes
SEMENTARA itu, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang lebih luas lagi, Satgas Covid-19 Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terus gencar melakukan pengawasan terhadap masyarakat dan jika memungkinkan akan langsung memberikan sanksi tegas bagi yang melanggar prokes. \"Sesuai dengan instruksi dari pak Bupati, tentunya pengawasan akan kembali kami perketat dan pastikan semua masyarakat mulai kembali sadar untuk menerapkan Prokes dalam kegiatan sehari-hari,\" jelas Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten BU, Ir Suharto Handayani. Sasaran untuk pengawasan ini sendiri, yakni di tempat-tempat yang menjadi fasilitas umum dan sering dijadikan tempat berkumpul warga, baik di Pasar, terminal, Alun-alun, dinas yang melakukan pelayanan secara langsung ke masyarakat dan beberapa tempat fasilitas umum lainnya. Serta akan kembali merutinkan kegiatan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi yang kerap ramai didatangi warga dan meminta masyarakat secara mandiri bisa melakukan penyemprotan disinfektan dirumahnya masing-masing. \"Semua upaya akan terus kita lakukan dan harapannya memasuki tahun 2021 mendatang, angka kasus positif di BU bisa semakin berkurang dan bisa kembali berada di zona hijau kembali,\" harapnya.
  • Masyarakat Diajak Patuhi Prokes Covid-19
PATROLI gabungan yang melibatkan personil Korem 041/Garuda Emas, Denpom, Pomal, Lanal, Polda, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bengkulu, terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mematui protokol kesehatan Corona Virus Disease (Covid-19). Demikian disampaikan Kasatpol PP Provinsi, Murlin Hanizar, Jum\'at (18/12). \"Sejauh ini kita masih tetap intensif dalam melakukan patroli untuk menegakkan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap prokes Covid-19 ditengah-tengah masyarakat. Namun dalam patroli gabungan ini kita lebih menitik beratkan pada pelaksanaan pengawasan terhadap kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan prokes,\" ungkap Murlin. Menurutnya, dalam kesempatan itu pihaknya terus mengajak dan mengingatkan masyarakat agar selalu menerapkan prokes, terlebih sampai dengan saat ini angka konfirmasi positif terus bertambah. \"Patroli yang kita lakukan ini bukan hanya pada siang, tetapi juga malam hari dengan menyasar pusat-pusat keramaian,\" kata Murlin. Dilanjutkannya, ditengah peningkatan kasus Covid-19 ini, upaya yang perlu dilakukan semua masyarakat, tanpa terkeculai adalah menaati prokes. \"Makanya saat patroli kita minta masyarakat untuk berdisiplin. Tanpa kedisiplinan dari masyarakat, upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ini bakal sulit terealisasi,\" ujar Murlin. Sementara itu, Danrem 041/Gamas, Brigjen TNI. Yanuar Adil melalui Kapenrem, Mayor Cpm. M. Lumban Raja mengatakan, tadi (kemarin, red) patroli gabungan melaksanakan pengawasan di sekitar Jalan Danau dan sekitarnya dalam wilayah Kota Bengkulu. \"Patrili gabungan dalam rangka penegakan Prokes Covid-19,\" singkat Kapenrem. (tux/bep/mae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: