Ekstrak Daun Kenikir untuk Terapi Kanker

Ekstrak Daun Kenikir untuk Terapi Kanker

PENYAKIT kanker masih merupakan salah satu pembunuh utama di dunia. Salah satunya adalah cancer stem cell karena sel punca kanker itu berbeda dengan sel punca biasa. Stem cell atau sel punca merupakan sel yang memiliki kemampuan memperbarui diri dan berdiferensiasi menjadi sel lain.

Untuk menyiasati pengobatan cancer stem cell tersebut, empat mahasiswa Universitas Airlangga melakukan penelitian terhadap potensi ekstrak daun kenikir yang diduga dapat membunuh sel kanker secara terprogram.
Penelitian yang mendapatkan dana penelitian dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) program PKM 2016-2017 tersebut dimulai dengan pengambilan flavonoid dan zat fenolik lain dari kenikir dengan dilakukan prosedur ekstraksi.
Ekstrak akan diujikan pada sel punca normal dan cancer stem cell. Pengujian terhadap sel punca normal bertujuan untuk menguji toksisitas ekstrak terhadap sel normal. Penelitian dikerjakan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas penelitian di Universitas Airlangga Surabaya. ”Pemilihan kami tentang kenikir sebagai objek penelitian dikarenakan kenikir sering ditemukan di Indonesia serta sudah dikonsumsi masyarakat sejak jaman para leluhur. Kenikir juga merupakan tumbuhan dengan kadar flavonoid tinggi,” kata Andi Yasmin Wijaya, ketua kelompok PKM ini. Selain Andi Yasmin, ada tig mahasiswa lainnya yang terlibat dalam penelitian ini, yaitu Winona May Hendrata, Farmindo Hartono, dan Ainur Rahmah. (ina/JPG)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: