Melakukan Eksfoliasi Saat Jerawat Sedang Meradang, Emang Boleh? Ini Penjelasannya!

Jumat 27-09-2024,17:34 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

BACA JUGA: 10 Kesalahan dalam Menggunakan Skincare Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit

Jika kamu sedang mengalami jerawat meradang, langkah yang lebih aman daripada melakukan eksfoliasi adalah dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan keras. 

Kamu juga dapat memilih produk yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat dan bersifat non-comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Selain itu, fokuslah pada penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan anti-inflamasi seperti niacinamide dan aloe vera, yang dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi. 

Menggunakan spot treatment yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat juga dapat membantu mengurangi ukuran dan peradangan jerawat.

BACA JUGA:Tips Perawatan Kulit untuk Usia 20-an, Ampuh Mencegah Penuaan Dini Secara Alami

BACA JUGA:10 Penyebab Dark Spot yang Harus Dihindari untuk Kulit Sehat dan Bersinar

Penting untuk tidak memencet jerawat, karena hal ini dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi. 

Selain itu, ,menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap ringan juga dapat menadi solusi. Pertimbangkan juga untuk mengompres area yang meradang dengan es agar mengurangi bengkak. 

Namun jika jerawat tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Eksfoliasi memang dapat menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan kulit, namun saat jerawat meradang, sebaiknya kamu menunda tindakan ini.

Kategori :