Launching ILP dan Gerakan Aktifkan Posyandu oleh Bupati Bengkulu Utara di MSS Sukses

Kamis 19-09-2024,14:18 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Launching integrasi layanan primer (ILP) dan pelaksanaan gerakan aktifkan Posyandu yang dimotori oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Utara dan turut dihadiri langsung oleh Bupati Bengkulu Utara di Desa Karya Pelita, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) pada Kamis (19/9) hari, ini berjalan sukses.

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id, launching ILP dan pelaksanaan gerakan aktifkan Posyandu merupakan kegiatan unggulan kementerian kesehatan (Kemenkes) RI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di desa dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Selain, itu ILP juga membantu peran Puskesmas meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat karena semua data akan terintegrasi sehingga memudahkan pemantauan.

Secara teknis, ILP akan bekerja melayani masyarakat dengan meliputi skrining penyakit tidak menular, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan lingkar perut, cek gula darah, konseling kesehatan dan penyuluhan kesehatan.

"Launching ILP dan pelaksanaan gerakan aktifkan Posyandu yang ini adalah program unggulan Kemenkes RI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di desa lewat peran Posyandu. Dan hari, ini juga kita langsung simulasikan pelayanan yang ada di ILP. Kita harapkan ILP ini nantinya bisa berjalan setiap bulan di setiap Posyandu desa dan terbuka untuk semua kalangan masyarakat mulai dari Bayi, Balita, anak-anak, remaja, dewasa, ibu hamil dan Lansia," ungkap Kadis Dinkes Bengkulu Utara, Ns Anik Khasyanti, S.Kep, MH.

Dalam kesempatan ini pula, disampaikan Anik, Pemkab Bengkulu Utara melalui Dinkes Bengkulu Utara juga menyerahkan bantuan kendaraan operasional berupa roda dua kepada empat Puskesmas di Bengkulu Utara yang meliputi Puskesmas Perawatan Sebelat, Puskesmas Kerkap, Puskesmas TAP dan Puskesmas Air Lais dan memberikan penghargaan kepada Kader Posyandu berprestasi di lingkungan Kecamatan MSS. 

"Kendaraan roda dua yang kita perbantukan ini nanti akan berfungsi untuk menunjang kinerja petugas kesehatan di Puskesmas dalam mengaktifkan dan mengoptimalkan pendampingan terhadap kegiatan Posyandu di desa. Selanjutnya, kami ucapkan terimakasih kepada Kader Posyandu berprestasi di lingkungan Kecamatan MSS yang selama ini sudah mendedikasikan dirinya dan memberi kontribusi untuk keberlangsungan kegiatan Posyandu di setiap desa," tandasnya.

Sementara Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian, memberikan apresiasi kepada jajaran Dinkes Bengkulu Utara yang telah me launching program ILP dan pelaksanaan gerakan aktifkan Posyandu tersebut.

Bupati mengatakan, melalui ILP Posyandu ILP ini seluruh layanan kesehatan masyarakat akan terfasilitasi.

"Kita pastikan semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang optimal, tidak boleh ada lagi kesenjangan layanan kesehatan," tegasnya.

Ditambahkan Bupati, pelayanan kesehatan yang terintegrasi harus diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Dan kedepan, Bupati, berharap seluruh Posyandu di Kabupaten Bengkulu Utara sudah menjadi Posyandu ILP.

"Semua pihak mulai dari tokoh masyarakat, tenaga kesehatan dan elemen masyarakat saya harapkan bisa bergerak bersama untuk menyukseskan seluruh program kesehatan yang selama ini menjadi konsen Pemkab Bengkulu Utara," demikian Bupati.

Pantauan radarutara.id dilapangan, acara launching ILP dan pelaksanaan kegiatan aktifkan Posyandu di Desa Karya Pelita ini diawali dengan kegiatan senam bersama yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, Kapus se Bengkulu Utara, unsur Tripika Kecamatan MSS hingga diwarnai pembagian puluhan doorprize menarik.

Kategori :