Tips Perawatan Kulit untuk Usia 20-an, Ampuh Mencegah Penuaan Dini Secara Alami

Rabu 11-09-2024,19:13 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

5. Lakukan Eksfoliasi dengan Bijak

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel. Namun, penting untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

Kamu bisa gunakan eksfoliator kimia yang mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) atau beta-hidroksi (BHA) 1-2 kali seminggu, atau menggunakan scrub fisik. Jika kamu ingin menggunakan scrub fisik, pastikan kamu memilih produk dengan butiran halus dan menggunakannya secara lembut.

Eksfoliasi dapat membantu kulit menyerap produk perawatan kulit lainnya dengan lebih baik dan memberikan tampilan yang lebih halus.

BACA JUGA:7 Tips Mengecangkan Kulit Wajah Secara Alami, Dijamin Mulus Tanpa Kerutan

BACA JUGA:Filler vs Botox, Diklaim Bisa Buat Wajah Kembali Awet Muda?

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Air

Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh produk perawatan kulit, tetapi juga oleh pola makan yang kmau konsumsi setiap harinya. 

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan beri, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Omega-3 dari ikan dan biji-bijian juga membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit dan minumlah cukup air setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam.

Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh, karena dapat mempengaruhi kesehatan kulit kamu. 

BACA JUGA:Ternyata Orang Dewasa Dilarang Pake Bedak Bayi di Wajah, Ini Penjelasannya!

BACA JUGA:Engga Bikin Penonton Pusing, Ini 4 Drakor Kerajaan yang Happy Ending

7. Tidur yang Cukup

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan kulit. Selama tidur, kulit melakukan proses perbaikan dan regenerasi.

Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam dengan posisi miring atau telentang agar dapat mengurangi risiko timbulnya garis-garis tidur di wajah.

Pertimbangkan menggunakan sarung bantal satin untuk mengurangi gesekan pada kulit saat tidur dan mencegah jerawat.

Kategori :